Illegal Fishing Masih Merajalela

Menaranews, DKI Jakarta – Indonesia yang mempunyai laut yang luas dan memiliki kekayaan laut berlimpah ternyata belum bebas dari aksi pemancing ilegal. Terbukti 17 kapal asing ilegal baru-baru ini ditangkap kapal pengawas lantaran beroperasi dikawasan lautan indoneaia.

Hal ini di ungkap langsung oleh Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Eko Djalmo Asmadi. Ia mengatakan telah menangkap 17 kapal tersebut karena melakukan penangkapan ikan di perairan Indonesia. “Mereka ditangkap karena melakukan penangkapan ikan ilegal,” katanya di Jakarta, Selasa (21/3).

Ia melanjutkan, tekait penangkapan, 17 kapal tersebut ditangkap di tiga lokasi berbeda, yakni perairan Natuna, Kepulauan Riau dan perairan Sulawesi Utara pada 12-17 Maret 2017. Rinciannya, 13 kapal perikanan asing berbendera Vietnam dan 4 kapal berbendera Filipina.

Untuk menutupi aksi terlarangya tersebut, sebagian kapal mengubah nama kapal dengan nama kapal indonesia. Penangkapan tampa izin inipun juga dilakukan dengan alat yang dilarang berupa trawl.

Selain kapal, petugas juga mengamankan 131 anak buah kapal dari 17 kapal tersebut. Kapal-kapal tersebut melakukan pelanggaran dengan sangkaan tindak pidana perikanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009.

Ancaman pidana penjara sudah menanti para pelaku illegal fishing yakni paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak Rp 20 miliar. (ZH)

Comments
Loading...