Hanya 84 Perusahaan Pers yang Terverifikasi di Kominfo Tubaba

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) telah menyeleksi dan memverifikasi semua media massa. Hal itu dilakukan sesuai dengan syarat dalam UU No 40 tahun 1999 Tentang Badan Hukum Perusahaan Pers yang jelas.

Demikian diungkapkan Kadis Kominfo melalui Sekretaris dinas Sayuti, SH, MM, pihaknya sudah mendata ulang media massa. Selain perusahaan juga dilihat dari eksisnya keberadaan media tersebut. Sebanyak 195 media hanya 84 perusahaan Pers yang terverifikasi di Kominfo Tubaba pada tahun 2017.

“Kalau badan hukum perusahaan pers tempat bekerja sesuai dengan dasar aturan tersebut, maka tidak ada hak kami untuk melarang rekan-rekan bergabung di bawah naungan Diskominfo,” kata Sayuti, kepada MENARAnews diruangnya, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya, penertiban itu sebagai lanjutan verifikasi yang dilakukan Dewan Pers terhadap media massa untuk meminimalisir pemberitaan hoax, “kita lakukan pembenahan sebagai langkah awal memenuhi kebutuhan informasi dengan jangkauan yang luas dan efektif,” ujarnya.

Salah satu poin penting yang menjadi bahan penilaian untuk verifikasi adalah apakah media massa tersebut dijalankan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Terkait dengan hal tersebut, kendati sudah ada verifikasi, pihaknya akan tetap melakukan monitoring terhadap media yang ada di Tubaba.

“Kami berharap kepada semua wartawan yang bertugas di Pemkab Tubaba, memiliki integritas tinggi, serta kualitas sehingga dapat bersinergis dengan Pemkab dalam mendukung pembangunan melalui media informasi,” harap Sayuti.

Namun untuk menunjang teknologi informasi dan komunikasi yang telah atau sedang direncanakan, juga perlu dukungan dengan fasilitas infrastruktur yang memadai. Salah satunya Diskominfo dapat memiliki gedung sendiri.

“Salah satu upaya agar peran dan fungsi media dapat maksimal serta kualitas pelayanan informasi kepada masyarakat semakin baik kedepannya fasilitas Infrastruktur yang memadai,” tutupnya. (JE/RZ)

Comments
Loading...