Gudang Mebeul Cimanuk Ludes Dilalap Si Jago Merah

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Sebuah gudang Mebeul di Kampung Kadumanggu Rt. 01/01, Desa Kadumadang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang hangus dilalap si jago merah, Selasa (14/3/2017). Akibat kejadian tersebut, pemilik Mebeul diperkirakan rugi puluhan jutaan rupiah.

Kebakaran pabrik terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Kebakaran bermula dari gedung pengolahan kayu kemudian merembet dan membesar hingga membuat seisi pabrik tersebut habis. Tak pelak para pegawai yang tengah bekerja di gudang finishing berhamburan panik.

Namun, peristiwa kebakaran itu tidak berlangsung lama. Lantaran warga secara berjibaku menggunakan peralatan seadanya berhasil memadamkan api sebelum mobil pemadam kebakaran dari BPBD tiba di lokasi.

Seorang saksi mata, Enjen menuturkan, dirinya tidak mengetahui sumber api. Karena ketika melihat ke arah gudang mebeul, api sudah menyala dan membakar seluruh bahan-bahan pembuatan kursi.

“Saya melihat api sudah merambat ke atas atap gudang yang membakar atap sebuah asbes dan kaso,” kata Enjen kepada awak media.

Material kayu yang memenuhi ruangan seluas 15×20 meter itu, membuat api mudah membesar dan merambat keseluruh sudut gudang.

Warga lainnya, Andi mengaku panik saat melihat asap pekat mulai mengepul di area gudang. Apalagi posisi gudang berdekatan dengan pemukiman warga. Dirinya memperkirakan, kebakaran tersebut berawal dari puntung rokok yang menyebabkan bahan-bahan mebel terbakar.

“Kalau penyebabnya saya juga engga tahu. Tiba-tiba sudah ada asap saja. Tetapi mungkin dari puntung rokok,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Cimanuk yang ditemui di lokasi Deden Noerdiana menjelaskan, dari hasil keterangan pemilik mebeul, kebakaran berasal dari percikan arus pendek listrik yang mengakibatkan bahan-bahan kursi mudah terbakar. Percikan api itu mengenai tumpukan bambu. Namun, beruntung sebagian barang-barang masih ada yang berhasil diselamatkan.

“Korsleting itu menimbulkan percikan api ke bambu, sehingga mengakibatkan kebakaran. Kalau dirupiahkan kerugiannya mungkin puluhan jutaan rupiah lah, karena sebagian sudah berhasilkan diselamatkan,” jelasnya.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Polsek Cimanuk telah memasang garis polisi untuk memudahkan proses identifikasi kebakaran. Insiden ini juga sempat menjadi tontonan masyarakat sekitar, sehingga menyebabkan kemacetan panjang di Jalan Raya Labuan-Pandeglang maupun sebaliknya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...