Dies Natalies ke 64 GMKI Medan Menakar Masa Depan NKRI

MENARAnews, Medan (Sumut) – Indonesia dalam bingkai NKRI merupakan suatu cita cita bangsa ini, saat ini tantangan dan kondisi yang dihadapi GMKI hampir sama saat zaman pemerintahan beberapa periode lalu dimana disintegrasi menjadi pemecah simpul NKRI . Pernyataan ini disampaikan Sarmini purba salah satu Senior member dalam acara Seminar Nasional dan Perayaan 64 Tahun Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Medan pada kegiatan yang diadakan di Aula STMIK Pelita Nusantara, jl. Iskandar Muda No 1 Medan. Sabtu (25/3/2017).

Seminar yang mengusung tema “Menakar Masa Depan NKRI” menurut Ketua Cabang GMKI Medan Valentino Panjaitan seminar ini berangkat dari kondisi indonesia saat ini yang diancam oleh disintegrasi, intoleransi dan korupsi yang merajalela.

Keynote speaker dalam seminar nasional ini yaitu Yudi Latif, Ph.D (Direktur, Eksecutif Reform Institute) dalam orasi ilmiah nya menyampaikan kondisi saat ini harus diimbangi dengan kemampuan memimpin. Dimana  daya pandang sejarah menjadi bagian penting dalam mempelajari arah kemajuan bangsa.

“Kita butuh generasi baru yang mampu merespon tantangan zaman (The creative minority)  namun saat ini respon yang ditunggu tunggu tidak datang dari kaum muda.”

Yudi menambahkan keanekaragaman bukan menjadi pemecah. Setiap elemen bangsa, generasi muda, termasuk GMKI di dalamnya, perlu mengambil peran strategis untuk membangun kembali bangsa Indonesia kita.

“menjadi indonesia harus sama sama menopang rumah besar indonesia tampa mempermasalahkan kepentingan suku, agama, ras dan golongan” ujarnya

Menurut ketua pelaksana seminar Eka Hutagalung dalam sambutannya manyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dies natalis gmki ke 64 sebagai bentuk partisipasi dan bakti GMKI dalam menjaga dan membangun NKRI.

“Dibalik gejolak NKRI saat ini GMKI harus mampu menjadi aktor dalam membangun keutuhan bagsa ini, Untuk itu seminar ini digelar dalam memicu semangat persatuan”

Selanjutnya Swangro Lumbanbatu Korwil I GMKI Sumut-NAD menanggapi bahwa gelaran Seminar Nasional dalam menyambut Dies Natalis GMKI Medan ini sangat bagus untuk dilanjutkan ke depan,  narasumber juga sangat rigit menerangkan dalam menyikapi dari berbagai prespektif baik Budaya, ekonomi, sosial, hukum, toleransi dan kebhinekaan begitu juga prespektif kepemudaan.

“Kita sebagai anak gerakan harus tetap selalu menjaga nilai2 kebangsaan dan NKRI.  Kita tergabung dalam satu negara Indonesia, nilai2 pancasila juga harus kita pancarkan di tengah tiga medan layan kita.  Karena pancasila adalah dasar negara serta pandangan hidup kita.” tutup Swangro

Dalam kegiatan ini hadir ratusan peserta, antara lain para pengurus GMKI dari berbagai cabang di Sumatera Utara, Kelompok Cipayung (HMI dan GMNI), dan beberapa BEM Universitas yang ada dimedan. (Pik)

Comments
Loading...