Deteksi Dini Kanker Serviks, Dharma Pertiwi Adakan Pemeriksaan IVA Gratis

MENARAnews Palangka Raya (Kalteng) – Sebanyak 50 peserta Ibu-Ibu berkeluarga mengikuti kegiatan pemeriksaan leher rahim (Serviks) atau pemeriksaan IVA (Inveksi Visual Asam Asetat) di Rumah Sakit TNI AD DENKESYAH 12.04.02 Jl. Diponogoro Kota Palangka Raya Senin (06/03) Kemarin.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT ke-71 Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 102 PD XII TPR serta HUT ke- 53 Dharma Pertiwi Korem 102/Pjg yang dihadiri langsung oleh Ibu Kajenrem 102/Pjg Kalteng, ibu Dandim 1016/Palangla Raya, dan Ibu Danyonif 631/Atg.

Kegiatan disambut meriah oleh ibu-ibu yang sangat berantusias mengikuti jalanya pemeriksaan, pasalnya kegiatan pemeriksaan leher rahim (serviks) baru kali ini dilakukan di Kota Palangka Raya dan tanpa di pungut biaya.

Karumkit 12.04.02 Palangka Raya dr. Lucky dalam sambutan menyampaikan, IVA adalah pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung tanpa alat apapun atau dengan mata telanjang setelah memulus leher rahim dengan Asam Asetat 3 sampai dengan 5 persen Inspekulo.

“Dengan pemeriksaan yang dilakukan, kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin dan juga Skrining alternatif dari PaP Smear. Dan biasanya biayanya lebih murah dan praktis,” ujar Lucky.

Tidak hanya itu pemeriksaan dilakukan sangatlah mudah sehingga pemeriksaan katanya, dapat dilakukan oleh pihak kesehatan lain karena alat yang digunakan sangatlah mudah.

Selanjutnya, setelah serviks dioles maka akan terjadi perubahan warna pada leher rahim yang dapat diamati perubahan warnanya secara langsung dan dapat dibaca sebagai normal atau abnormal.

Dibutuhkan waktu 1 samapi 2 menit untuk melihat perubahannya pada jaringan epitikel dimana serviks yang diberikan asam asetat 5 persen akan memberikan respon lebih cepat dari pada 3 persen.

“Efeknya akan hilang dengan hitungan waktu 50 sampai 60 detik. Serviks yang normal akan berwarna merah homogen dan bercak putih atau displasia,” tutupnya.(arli)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...