Cegah Rabies, Pemko Palangka Raya Akan Bagikan 600 Vaksin

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam upaya mencegah berkembang serta  menyebarnya penyakit rabies di Kota Palangka Raya, maka Pemko Palangka Raya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mulai mempersiapkan  pemberian  dosis vaksin rabies. Setidaknya 600 dosis ditargetkan akan diberikan kepada anjing peliharaan maupun anjing liar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Ikhwansyah melalui Kepala Bidang Keswan Kesmavet dan Pengolahan Hasil Peternakan, Sumardi mengatakan total 600 dosis akan dibagi menjadi dua tahap vaksinasi.

Dijelaskannya, tahap pertama akan dilakukan antara mulai dari April sampai Mei. Kemudian setelah itu dilanjutkan kembali di tahap kedua yang akan dilaksanakan pada September sampai Oktober di tiap tahunnya.

“Semuanya kita laksanakan secara serentak dan berkesinambungan. Dilaksanakan dengan metode  door to door  atau rumah ke rumah, serta diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya,”ucapnya, (28/03).

Dikatakannya, walaupun setelah masa vaksinasi warga masih tetap bebas dan digratiskan untuk vaksinasi terhadap anjingnya, hanya saja masyarakat harus membawanya ke kantor pelayanan. Warga pun saat ini  dinilai sudah mulai sadar akan pentingnya vaksin rabies terhadap hewan peliharaan.

“Ini terlihat ketika terjadi gigitan, warga juga langsung membawa anjingnya ke kami untuk diperiksa, apakah mengidap rabies atau tidak,” tambah dia.

Kata Sumardi, selama tahun 2017, mulai dari Januari sampai dengan Maret di Kota Palangka Raya sudah ditemukan sembilan ekor anjing rabies yang menggigit warga.

“Bagusnya, warga telah tanggap dan sadar akan dampaknya, dengan cepat melakukan  pemeriksaan sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga tidak berdampak lebih jauh,” pungkasnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...