Bupati Kapuas Dianugrahi Gelar Adat

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat, MM, MT dianugrahi gelar adat Temangung Panunjung Tarung oleh para Damang Kepala Adat se Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (21/3/2017).

Penganugerahan gelar adat yang berlangsung di halaman rumah jabatan dinas Bupati Kapuas tersebut dilakukan usai upacara  puncak peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 211 dan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 66 tahun 2017

Gelar adat Temanggung Panunjung Tarung yang dianugerahkan kepada Ben Brahim bermakna seorang pemimpin yang dipercaya bisa mengayomi masyarakat Kabupaten Kapuas yang menciptakan kedamaian dan keadilan bagi seluruh masyarakatnya.

Damang Kepala Adat Kecamatan Pulau Petak Narsius Natir mengungkapkan, penganugerahan gelar adat Temanggung Panunjung Tarung kepada Bupati Ben Brahim S Bahat adalah berdasarkan surat keputusan bersama Damang Kepala Adat se Kabupaten Kapuas.

“Kami menilai bahwa kinerja Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat sejak menjadi Kepala Dinas PU Kabupaten Kapuas dan Kepala Dinas PU Kalimantan Tengah serta menjadi Bupati Kapuas dianggap mampu mengayomi masyarakat dan dianggap cukup berhasil untuk kemajuan masyarakat Provinsi Kalteng pada umumnya dan Kabupaten Kapuas khususnya,” katanya.

Narsius berharap kedepan supaya terpelihara kearifan budaya lokal yang ramah lingkungan sehingga Tamanggung Panunjung Tarung perduli dengan keterbatasan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Kapuas.

“Termasuk menciptakan suasana kedamaian dan keindahan tata keramahannya untuk menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kapuas dimana masa-masa yang akan datang. Jadi, itu harapan kita,” ujarnya.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat merasa terharu dan bangga atas penganugrahan gelar adat kepadanya oleh para Damang Kepala Adat se Kabupaten Kapuas dan juga Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas.

“Ini merupakan pendorong semangat bagi saya untuk menghimpun dan menjaga Kabupaten Kapuas agar aman, rukun dan selalu dalam kebersamaan. Kita bangun Kabupaten Kapuas untuk mencapai masyarakat yang sejahtera,” katanya. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...