Bupati dan Wakil Bupati Tubaba Sudah Ditetapkan

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Setelah melalui tahapan Pilkada 2017 yang sangat panjang, akhirnya pesta demokrasi itu mencapai titik akhir, yaitu penetapan pasangan calon terpilih pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba). Penetapan itu dilakukan oleh KPU di Wisma Asri, Tiyuh (Desa) Tirta Makmur, Kecamatan Tuba Tengah, hari ini (15/3/2017) pukul 14.00 WIB.

Penetapan Paslon Terpilih itu dilaksanakan melalui Rapat Pleno Terbuka KPU Tubaba yang dihadiri oleh Wakil Bupati Terpilih Fauzi Hasan, SE MM, Ketua KPU Tubaba Ismanto beserta komisioner dan stafnya, Ketua Panwaslu Tubaba Midiyan beserta komisioner dan stafnya, PJ Bupati Tubaba diwakili Asisten I Sekda Tubaba Agus Subagiyo, Kadisdukcapil Tubaba Lukman, Kadiskominfo Tubaba Fajril, Kasatpol PP Tubaba Sujatmiko, beserta partai-partai politik pengusung Paslon tunggal Umar – Fauzi.

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, KPU Kabupaten Tubaba menetapkan bahwa Umar Ahmad, SP – Fauzi Hasan, SE MM yang merupakan pasangan calon tunggal yang juga pasangan petahana, sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pilkada 2017 di Kabupaten Tubaba dengan perolehan suara sebanyak 168.736 suara atau 96,75 persen dari seluruh masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

Ketua KPU Tubaba Ismanto menjelaskan bahwa penetapan paslon terpilih seharusnya dilaksanakan dari tanggal 8 – 10 Maret 2017, namun karena Surat Keterangan dari Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil Pemilu (PHP) di seluruh daerah belum turun, maka penetapan itu diundur hingga 13 Maret 2017.

“Akhirnya pada 13 Maret 2017, surat keterangan dari MK turun sehingga hari ini dilaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih” jelas Ismanto.

Dalam kesempatan itu, Ismanto menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh penyelenggara Pemilu, Pemkab Tubaba, aparat keamanan serta seluruh masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat sehingga pelaksanaan Pilkasa di bumi ragem sai mangi wawai itu dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Terimakasih kepada rekan kami Panwaslu yang senantiasa mengawasi dan mengawal pelaksanaan Pilkada 2017 di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Pemkab Tulang Bawang Barat yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu, aparat keamanan dan seluruh masyarakat sehingga pelaksanaan Pilkada 2017 Kabupaten Tulang Bawang Barat dapat berjalan dengan sangat kondusif dan aman.

Sementara itu, Agus Subagiyo dalam sambutannya mewakili Pj Bupati Tubaba menjelaskan bahwa dengan penetapan Paslon terpilih itu, maka tugas dari KPU dalam penyelenggaraan Pilkada 2017 juga berakhir.

“Hari ini Rapat Pleno Penetapan yang berarti tahapan tugas KPU dalam Pilkada 2017 berakhir, diharapkan hasil rapat ini besok dapat diserahkan kepada DPRD karena hari Jumat, 17 Maret 2017akan dibahas bersama DPRD dan hari Senin, 20 Maret 2017 akan disampaikan ke Mendagri melalui Provinsi Lampung” ujarnya.

Penetapan pasangan calon terpilih itu ditetapkan dalam berita acara KPU Kabupaten Tubaba nomor 15/BA/III/2017 dan Surat Keputusan KPU Kabupaten Tubaba nomor 08/Kpts/KPU-KAB-008680696/2017. (RZ)

Comments
Loading...