Blanko E-KTP Kosong, Disdukcapil Hanya Menunggu

E-KTP

MENARAnews, Medan (Sumut) – Hingga saat ini blanko E-KTP di Medan belum juga tersedia. Belum diketahui apa penyebab habisnya blanko E-KTP. Kondisi ini terjadi sejak bulan September 2016. Sebagai gantinya, masyarakat yang sudah merekam data hanya diberikan sepucuk surat keterangan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan.
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Disdukcapil Medan Arfian Saragih mengungkapkan, hingga kini pihaknya masih menunggu pasokan blanko dari Kemendagri.
“Kita masih menunggu dari pusat, karena pencetakannya itu di sana. Mereka yang punya kewenangan,” kata Arfian, Rabu (23/03/2017).
Arfian pun mengaku belum tau kapan blanko itu akan dicetak. Lagi-lagi pihaknya hanya menunggu.
“Itu saya bilang. Kita sifatnya pasif,” katanya.
Sementara itu, kondisi di Kantor Disdukcapil Kota Medan dipadati masyarakat yang ingin mengurus surat keterangan kependudukan.
Per harinya, Disdukcapil Kota Medan menerbitkan 700-1000 surat. Syarat pengurusannya, warga hanya membawa fotokopi kartu keluarga dan langsung dilayani di Disdukcapil.
“Tapi syaratnya mereka sudah merekam data, foto, sidik jari dan iris mata. Baru bisa mengurus surat keterangan,” katanya.
Ditanya kaitan kekosongan blanko dengan kasus mega skandal E-KTP, Arfian enggan mengomentarinya.
“Ah itu bukan kewenangan saya. Gak berani saya komentar,” ppungkasnya. (Yug)
Comments
Loading...