Bawa 30 Ton Bawang Ilegal, Kapal asal Thailand Ditangkap Angkatan Laut

MENARAnews, Medan (Sumut) – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan berhasil meringkus satu unit kapal yang membawa muatan bawang ilegal. Bukan jumlah yang sedikit, 30 ton bawang merah ilegal berhasil disita dari kawasan perairan utara Kuala Tanjung, Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, Minggu (12/3/2017). 

Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Nursyawal Embun mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan titik koordinat O3° 24′ 08″ LU – 099° 35′ 75″. Penangkapan dilakukan KRI Parang 647 terhadap kapal KM Kuala Kapias II GT. 15 NO.1981PPb.

“Penangkapan dilakukan pada 12 Maret 2017. Saat itu sedang dilakukan patroli laut. Satu ABK atas nama Sahrial, warga Tanjung Balai Asahan kita amankan, sedangkan tiga orang ABK lainnya kabur,” kata Nursyawal didampingi Komandan KRI Parang 647 Mayor Laut (P) Hananto Dwi Prasetyo, Selasa (14/3/2017).

Dari pengakuan tersangka penyelundupan, kapal itu beraaal dari Thailand. Kemudian dibawa ke Portlang, Malaysia, untuk selanjutnya dibawa ke Indonesia melalu jalur laut.

“Saat ini kapal yang berhasil kita amankan beserta barang bukti dan seorang ABK akan kita proses secara hukum yang berlaku. Kapalnya sekarang telah diamankan di Dermaga Mako Lantamal I,” pungkas Nursyawal. (Yug)

Comments
Loading...