Banjir Bandang Padangsidimpuan, Ratusan Warga Diungsikan ke Tempat Aman

MENARAnews, Padang Sidimpuan (Sumut) – Ratusan warga di beberapa kecamatan Kota Padang Sidimpuan diungsikan pascabanjir bandang yang menerjang pemukiman mereka, Minggu (26/07/2017).
Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan, lebih dari 400 warga yang diungsikan ke tempat aman.
Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, warga diungsikan ke beberapa kelurahan yang tidak terdampak banjir.
“Dari data kita, mereka diungsikan ke Kelurahan Ujung Padang, Kecamatan PSP Selatan 46 KK, Kelurahan Batang Ayumi Zulu, Kecamatan PSP Utara 110 jiwa, dan Kelurahan Batunadua, Kecamatan PSP Batunadua 200 jiwa,” katanya, Senin (27/03/2017).
Dia juga menjelaskan ada enam kecamatan yang terdampak banjir. Diantaranya, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Selatan, Padang Sidimpuan Tenggara, Padang Sidempuan Hutaimbaru, Padang Sidempuan Batunadua, dan Padang Sidempuan Angkola Julu.
“BPBD juga melaporkan bahwa ratusan murid SDN 200114/22 Kantin Lombang yang berlokasi di Kecamatan Padang Sidempuan diliburkan karena sekolah rusak dan tertimbun lumpur,” katanya.
Beberapa bangunan rusak dan hanyut berada Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Padang Sidempuan Utara, PSP Selatan, Angkola Julu. Total kerusakan di wilayah tersebut mencakup rumah rusak 17 unit, rumah hanyut 17, dan kendaraan hanyut 7.
“Untuk korban yang tewas ada lima orang,” katanya.
Pemerintah setempat juga telah mendirikan dampur umum di dua titik pada Kelurahan Sitamian, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, di bawah Pos Komando Tanggap Darurat Bencana. Di samping itu, BPBD telah menurunkan Tim Reaksi Cepat untuk penyelamatan dan evakuasi. (Yug)
Comments
Loading...