Banjir Bandang Padangsidimpuan : Empat Tewas Satu Hilang

MENARAnews, Padang Sidimpuan (Sumut) – Kota Padang Sidempuan, Kabupaten Tapanuli Selatan diterjang banjir bandang, Minggu (26/03/2017) malam. Sebanyak empat orang dilaporkan tewas, dan satu orang maaih dinyatakan hilang.
Data yang dihimpun, air mulai naik sekitar pukul 18.00 WIB. Air mulai meluap di Sungai Batang Ayumi, pascahujan deras yang mengguyur kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Minggu (26/03/2017), sekitar pukul 15.00 hingga 19.00 WIB.
“Hingga saat ini, jumlah korban meninggal dunia 4 orang. Seorang lagi masih dalam pencarian,” kata Kepala Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sidimpuan, Senin (27/03/2017).
Dijelaskannya, korban hilang dan tiga yang tewas adalah satu keluarga. Sedangkan satu korban lainnya dari keluarga berbeda.
Rumah yang rusak dan hanyut di antaranya terjadi di kawasan Kelurahan Batunadua Julu, Kecamatan Padang Sidimpuan Batunadua, dan Batang Ayumi Julu, Kecamatan Padang Sidimpuan Utara; Sejumlah mobil juga dilaporkan hanyut dan rusak di kawasan itu.
Saat ini, debit air di Sungai Batang Ayumi sudah surut. BPBD Kota Padang Sidimpuan masih melakukan pencarian korban yang hilang. “Kita juga juga membantu penanganan korban selamat yang kediamannya rusak diterjang banjir bandang. Kita melakukannya bersamaan,” jelas Khairul.
Data yang dihimpun dari Polresta Padang Sidimpuan, ada 33 rumah warga yang hanyut terbawa banjir, 17 rusak parah. Banjir juga membawa 7 kendaraan milik warga.
Sementara itu, untuk korban tewas yang berhasil ditemukan berjumlah lima orang. “Untuk sementara masih lima orang. Kita terus melakukan pendataan,” kata Kasat Reskrim Polresta Padang Sidimpuan AKP Zul Efendi, Senin (27/03/2017).
Selain lima korban tewas, ada 4 orang yang mengalami luka. Berikut nama-nama korban yang tewas dalam bencana banjir bandang Kota Padang Sidimpuan.
Warga Lingkungan III, Kelurahan Lubuk Raya, Kecamatan Padang Sidimpuan Hutaimbaru yakni, Syahriana Situmorang (45), Rofiah Sarumpaet (8), Sakinah Sarumpaet (10), dan Saykum Sarumpaet (48). Sedangkan seorang korban lagi yakni, Bahar Efendi Panggabean (55) warga Lingkungan I Sitataring, Kelurahan Batang Ayumi Julu, Kecamatan Padang Sidempuan Utara. (Yug)
Comments
Loading...