Bachtiar Basri : Tubaba Menjadi Daerah Percontohan

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) tahun 2018, Pemkab Tulang Bawang Barat menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) di Aula Gedung Pemda Tubaba, Rabu (15/3/2017).

Musyawarah bertema “Pembangunan Infrastruktur, Pelayanan Masyarakat, dan Peningkatan Perekonomian Rakyat Untuk Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, dan Berdaya Saing” itu dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, SH., MM, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, PJ Bupati Tulang Bawang Barat Drs. Adeham, M.Pd, Sekda Tubaba Herwan Sahri, pejabat pratama dan administratur Pemkab Tubaba, forkopimda, serta empat orang Dosen Unila.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Bappeda Tulang Bawang Barat Novriawan Jaya, SP menyampaikan bahwa Musrenbang tersebut dilaksanakan setelah dilaksanakannya Musrenbang di tingkat desa/kelurahan, di kecamatan dan di forum SKPD.

“Secara keseluruhan, rangkaian Musrenbang berlangsung selama 3 bulan yang diawali dengan Musrenbang di tingkat tiyuh pada bulan Januari 2017, dilanjutkan di tingkat kecamatan dari 31 Januari sampai dengan 8 Februari 2017 serta Forum SKPD pada 22 Februari 2017. Kemudian musyawarah inti yang diselenggarakan hari ini dan akan diakhiri dengan Desk Musrenbang” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, PJ Bupati Tubaba, Adeham mengatakan bahwa pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang diinginkan.

“Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, ataupun pembentukan mentalitas” paparnya.

Adeham melanjutkan, pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal yang diharapkan dapat dipenuhi.

“Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur. Untuk itu, pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2018 mendatang” ujarnya.

Disisi lain, Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan di Kabupaten Tubaba karena pembangunan yang terjadi di Tubaba dinilai sangat pesat dan cocok untuk dijadikan daerah percontohan.

“Pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang Barat ini sangat pesat oleh karena itu seluruh masyarakat Tubaba patut untuk berbangga, karena dari daerah yang tadinya tidak punya apa-apa menjadi punya apa-apa, yang tadinya merupakan daerah yang bukan-bukan karena bukan daerah tujuan dab lintasan, sekarang menjadi daerah tujuan dan daerah lintasan” ujar Wakil Gubernur Lampung itu.

Dengan demikian, lanjut Bachtiar, dapat menjadikan Kabupaten Tulang Bawang Barat sebagai daerah percontohan karena pembangunannya yang sangat pesat.

“Hal itu dikarenakan adanya kebersamaan dan kekompakan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat sesuai dengan bumi ragem sai mangi wawai, kebersamaan untuk keberhasilan” imbuhnya. (RZ)

Comments
Loading...