Awasi Distribusi Pupuk, Pemkab Pandeglang Bakal Bentuk Tim Khusus

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pemerintah Kabupaten Pandeglang berencana akan segera membentuk tim khusus yang tergabung dalam Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3). Hal ini dilakukan agar pupuk bersubsidi yang dikirim oleh Pemerintah kepara para petani bisa tepat sasaran dan langsung dirasakan manfaatnya dalam bidang pertanian.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Pandeglang Puji Widodo mengatakan, pembentukan tim khusus untuk mengawasi pupuk bersubsidi tersebut masih dilakukan pembahasan.

“Saya sudah konsultasi dengan Dinas Pertanian (Distan) terkait pembentukan tim khusus itu. Bahkan, kami tinggal menunggu SK dari ibu Bupati. Mudah-mudahan secepatnya bisa segera keluar, sehingga dengan begitu tim khusus yang tergabung dari pemerintah, Kepolisian dan Kejaksaan ini bisa segera terbentuk,” terang Puji, Rabu (22/3).

Dijelaskan Puji, pembahasan mengenai pengawasan pupuk bersubsidi ini juga merupakan salah satu komponen produksi penting dan strategis di sektor pertanian yang harus langsung dirasakan manfaatnya oleh para petani, sehingga dengan begitu penyaluran pupuk diharapkan bisa tepat sasaran.

“Saya berharap dengan adanya pengawasan petani yang membutuhkan pupuk bersubsidi dapat betul-betul mendapatkan haknya serta bisa tepat guna,” jelasnya.

Pembentukan tim khusus tersebut juga, lanjut Puji, agar pupuk bersubsidi yang dikirimkan Pemerintah bisa tepat sasaran dan tidak terjadinya kelangkaan serta tidak terjadinya pengendapan.

“Dengan adanya tim khusus diharapkan pupuk bersubsidi ini betul-betul dapat memenuhi kebutuhan petani di lapangan, agar tepat guna dan tepat sasaran, serta dapat dicapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Kalau nanti adanya kelangkaan pupuk maka kami juga akan langsung koordinasikan dengan Distributor Pupuk Provinsi Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan Distan Pandeglang Nasir menyatakan, tim KP3 tersebut setiap tahunnya dibentuk dengan tujuan untuk mengawasi agar pupuk bersubsidi yang disalurkan pemerintah bisa tepat sasaran.

“Hasil dari informasi yang diterima memang tim khusus itu akan segera dibentuk, karena tim ini bertujuan untuk mengawasi pupuk bersubsidi yang dimana setiap tahunnya melakukan sidak ke lapangan,” kata Nasir. (Kr)

 

Editor: Irdan

Comments
Loading...