April 2017, Mukomuko Cetak 1.500 ha Sawah Baru

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Seluas 1.500 ha lahan di Kabupaten Mukomuko akan dicetak menjadi lahan persawahan baru April mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Ali Mukhibin, kepada MENARAnews beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan program cetak sawah baru yang sudah direncanakan sejak tahun 2016, untuk Mukomuko kita mendapatkan kuota sekitar 1.500 ha,” ujarnya.

Ia menyampaikan, tahun 2016 telah dilakukan Studi Investigasi Desain (SID) atau survey kelayakan terhadap 1.600 ha lahan, tetapi yang akan dilakukan cetak sawah baru yaitu 1.500 ha.

Ia mengungkapkan, dari total 1.500 ha sawah baru tersebut sekitar 500 ha dilaksanakan oleh Korem Garuda Emas (Gamas) TNI AD.

Sementara sekitar 1.000 ha berada dalam pengelolaan dan pengawasan Ditziad TNI.

“Ada sekitar 10 desa yang akan dilaksanakan program ini, itu berada di Kecamatan Lubuk Pinang, Air Manjunto, dan V Koto, itu karena daerah itu sudah memiliki sistim irigasi yang sangat baik,” ungkapnya.

Ia berharap program ini mampu mendorong peningkatan produktivitas padi dan beras sehingga mampu mendukung cita-cita swasembada pangan pemerintah pusat.

Untuk saat ini, dokumen dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) masih dalam pemeriksaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Ditargetkan pengerjaan fisik program ini sudah mulai dilaksanakan pada April 2017.

“Saat ini dokumen UKL-UPL masih dalam pemeriksaan instansi terkait, ditargetkan April 2017 sudah mulai dikerjakan,” tutupnya. (AL)

Comments
Loading...