Apresiasi untuk Pendidikan dan Pelatihan Anti Paham Radikal

MENARAnews, Medan (Sumut) – Sejumlah tokoh mengapresiasi adanya kegiatan pendidikan kepada para taruna bangsa, khususnya kegiatan pendidikan karakter untuk menghempang paham-paham radikalisme yang saat ini marak di media sosial, seperti facebook.

Seperti diketahui, sejak pertengahan 2016 lalu, dan puncaknya saat menjelang Pilkada serentak 2017, dunia maya di tanah air diramaikan dengan banjirnya propaganda dan agitasi. Banjir hasutan dan informasi palsu ini ditengarai dilakukan oleh sejumlah pihak, yakni kelompok pendukung pasangan calon, tim suksesnya, namun ada juga propaganda yang disebar oleh kelompok radikal, kelompok anti pemerintah yang sama sekali tak peduli dengan proses Pilkada, atau ada juga dari kelompok yang selama ini menyebut dirinya pengusung sistem khilafah bukan penganut demokrasi.

Oleh karenanya, patut lah sejumlah tokoh yang mengerti kondisi sosial politik nusantara memberi apresiasi terhadap kegiatan-kegiatan ormas yang mengagendakan pelatihan, pendidikan menangkal paham radikalisme saat ini. Salah satu diantaranya adalah Ketua DPD KNPI Palas, Risman Hasibuan.

Risman menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya pada jajaran pengurus PC GP Ansor Palas yang menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Barisan Serba Guna (Diklatsar Banser), yang saat ini berlangsung, Jumat-Minggu (10-12/3/2017). Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan sepakbola Desa Subulussalam, Kecamatan Ulu Barumun dan diikuti 125 orang peserta, berasal dari utusan seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor se-Kabupaten Padang Lawas (Palas), dinilai cukup positif dalam menangkal paham-paham radikal, yang belakangan marak terjadi di tengah masyarakat.

“KNPI Palas mengharapkan kader-kader GP Ansor, dapat mewujudkan cita-cita organisasi, sesuai tema, Diklatsar Banser PC GP Ansor Palas membentuk generasi muda Islam yang cinta NKRI serta setia mengawal ulama Aswaja. Semoga Banser Ansor menjadi garda terdepan mengawal kedaulan NKRI. Bravo Banser Ansor,” ujar Risman Hasibuan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua PC NU Palas, H. Muhammad Rohyan Hasibuan.

“Dalam tahun ini, GP Ansor sudah dua kali melakukan kegiatan pengkaderan, yang tujuannya menyelamatkan generasi muda dari paham radikal dan terjerumus ke jurang narkoba. Kami meminta agar Pemkab Palas dapat memperhatikan peran penting GP Ansor di tengah masyarakat Palas,” sebutnya,

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap, melalui Kadispora Palas, Ali Jambi juga mengapresiasi pendidikan ini dan mengharapkan kiranya kader lulusan Diklatsar Banser menjadi perisai bagi generasi muda di daerah ini.

“Kegiatan seperti ini sangat efektif dalam menangkal generasi muda dari penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Palas, kami sangat mendukung program kerja PC GP Ansor Palas lewat kegiatan Diklatsar Banser. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan pada masa-masa yang akan datang,” pintanya. (SN)

Comments
Loading...