590 Siswa SMA Negeri 1 Jayapura Mengikuti USBN

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Sebanyak 590 Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Jaya pura mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Senin, (20/3/2017).

Di jelaskan, USBN ini adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerapkan USBN ini guna meningkatkan mutu ujian sekolah. USBN digelar secara serentak nasional untuk tingkat SMApelaksanaanya dimulai tanggal 20 – 23 maret 2017.

Ada enam mata pelajaran yang diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga matapelajaran berdasarkan jurusan, USBN juga menguji siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKN, dan Sejarah.

“Untuk hari pertama ujian adalah Mata Pelajaran Agama untuk tiga jurusan serta Antropologi untuk kelas Bahasa, Biologi untuk kelas IPA dan Goegrafi untuk IPS,” kata Edison Paulus Takayeitouw Wakasek kurikulum.

Soal ujian 80% dari Provinsi yang di garap oleh Musyawarah Guruh Mata Pelajaran (MGMP) dan 20% dari Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) di SMA Negeri 1 Jayapura menggunakan 31 ruangan yang pelaksanaanya dibagi 2 sesi, yakni sesi pertama dimulai pukul 08.00 – 10.00Wit, dan sesi kedua pukul 11.00 – 12.00Wit. USBN ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi dari kelas XII SMA Negeri 1 Jayapura. (Surya)

Comments
Loading...