307 Sarang Burung Walet di Palangka Raya Dipertanyakan Legalitasnya

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Kodim 1016/Plk, setidaknya terdapat 307 sarang walet permananen maupun semi permanen yang ada di 5 kecamatan di Kota cantik.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1016/Plk, Letkol Czi. Alfius Navirinda Krisdinanto saat menghadiri Rapat Penyamaan Pemahaman yang dilaksanakan di Aula Petang Karuhei II, Selasa (07/03).

Dia menyebut ada 307 sarang burung walet yang berdiri di Kota Palangka Raya, data tersebut diperoleh berdasarkan hasil survei di 5 kecamatan, yaitu Kec. Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Rakumpit, dan Sebaganau.

Padahal, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangka Raya belum pernah mengeluarkan satu pun ijin untuk pendirian sarang burung walet. Artinya sarang burung walet sebanyak itu berdiri tanpa ijin atau ilegal.

“Yang berhasil kita data ada 307 sarang burung walet dari 5 kecamatan yang ada di Palangka Raya, bahkan alamat dan ukuran hingga siapa pemiliknya sudah kami data,” ungkapnya.

Dia menyayangkan, sebagian besar sarang burung walet tersebut berada dipemukiman, sedangkan dampaknya mampu mengancam kesehatan masyarakat.

“Dari 307 sarang ini menurut Dandim Palangka, 169 di antaranya berada di pemukiman penduduk kemudian 138 berada di area kebun,” paparnya.(AF)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...