http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Panwaslu Pandeglang Masih Temukan Kredibilitas KPPS Yang Rendah

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Proses pelaksanaan Pemilihan Gubernur Banten pada Rabu kemarin, secara keseluruhan berjalan lancar. Di Kabupaten Pandeglang, tidak ada tindakan yang menghambat proses pemungutan suara. Bahkan sejumlah potensi pelanggaran yang sempat dikhawatirkan seperti intimidasi dan politik uang juga tidak ditemukan.

Namun, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pandeglang mencatat, ada sejumlah petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang belum bekerja sesuai dengan tugasnya.

“Secara keseluruhan proses pemungutan berjalan lancar, tidak ada kejadian yang menghentikan proses pemilihan. Lebih banyak kesalahan mekanisme atau SOP (Standard Operasional Prosedur) yang murni kesalahan penyelenggara, seperti soal mekanisme pengisian form C1, selisih dalam pengisian perolehan suara,” ujar Ketua Panwaslu Pandeglang, Nana Subana, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2017).

Selebihnya, kata Nana, tidak ada pelanggaran masif yang dilakukan oleh penyelenggara maupun peserta pemilu. Bahkan, pemetaan kerawanan pelanggaran yang disusun oleh Panwaslu juga tidak terjadi.

Nana menilai, langkah sosialisasi dan imbauan yang kerap dilancarkan sebelum pemungutan suara, dianggap cukup efektif meskipun Panwaslu tidak berani mengklaim Pandeglang bersih dari tindak pidana pemilu.

“Dugaan dan pemetaan daerah rawan yang dibuat Panwas menjadi cara kita untuk mencegah, misalnya dengan sosialisasi dan imbauan yang masif didaerah yang dipetakan rawan. Hasil di lapangan yang relatif tidak kami klaim, tetapi setidaknya ini tidak ditemukan,” imbuhnya.

Melihat hal itu, lanjut Nana, pihaknya memprediksi bahwa laporan pelanggaran pasca hari pencoblosan tidak akan banyak terjadi.

“Prediksi kita, laporan yang masuk nanti mungkin tidak banyak, tidak seperti saat Pilbup Pandeglang tahun 2015,” katanya.

Menanggapi penyelenggara pemilu yang belum bekerja dengan baik, Ketua KPU Kabupaten Pandelang, Ahmad Sujai justru enggan disalahkan sepihak. Meski mengakui adanya petugas dibeberapa TPS yang tidak maksimal, tetapi Sujai menuding bahwa hal itu terjadi lantaran pihak pengawas yang lambat dalam mengantisipasi.

“Tidak bisa disalahkan secara mutlak kesalahan KPPS karena sejatinya perlu ada peran pengawas TPS. Pengawas TPS seharusnya bisa lebih masif dalam melakukan imbauan kepada petugas KPPS. “Saya kira Panwas sudah menginstruksikan jajarannya, seharusnya bisa mengantisipasi dengan imbauan,” kilah Sujai.

Kendati demikian, Sujai memaparkan bahwa pelaksanaan Pilgub diwilayahnya berlangsung aman dan lancar. Beberapa kekhawatiran seperti banjir susulan di sejumlah kecamatan tidak terjadi.

“Proses kegiatan pemungutan kemarin, mulai dari distribusi logistik berjalan lancar, walaupun di sebagian kecamatan dan desa mengalami beban yang cukup berat terkait medan yang ekstrem, tetapi itu tidak menjadi hambatan,” tandasnya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,685PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.