http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Panwaslu Pandeglang: KPPS dilarang Sediakan Lap di TPS

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pandeglang mengingatkan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) agar tidak menyediakan lap di meja maupun area lain yang berdekatan dengan letak tinta.

Menurut Ketua Panwaslu Pandeglang, Nana Subana, larangan itu berkaitan dengan kekhawatiran pengawas terhadap potensi kecurangan saat pencoblosan.

“Keberadaan sehelai lap di lokasi yang berdekatan dengan tinta, akan memudahkan pemilih untuk menghilangkan tanda buktinya sebagai pemilih yang telah menyalurkan hak suaranya. Apalagi pada Pilkada Serentak tahun 2015 lalu, hal serupa pernah terjadi di daerah Tangerang Selatan yang mengakibatkan harus dilakukan pemungutan suara ulang saat hari itu juga,” papar Nana saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/2/2017).

Nana menjelaskan, larangan tersebut tercantum dalam Peraturan KPU (PKPU). Selain dilarang menyediakan lap, petugas KPPS juga diharamkan untuk mengeluarkan tinta dari dalam botol. Karena berdasarkan aturan, setelah pemilih selesai menyakurkan hak politiknya, jari kelingking pemilih tersebut hanya boleh dicelupkan ke botol, bukan media lain.

“Tinta tidak boleh dikeluarkan dari botol. Tidak boleh dituangkan ke piring atau semacamnya. Jadi setelah mencoblos, pemilih harus mencelupkan ke botol saja. Itu tercantum dalam SOP (Standard Operating Procedure) sesuai PKPU,” sebutnya.

Nana mengungkapkan, meski hal itu tidak akan menggagalkan proses pemungutan suara, namun hal itu bisa dinilai sebagai bentuk pelanggaran oleh KPPS. Oleh karenanya, para Pengawas TPS pun dituntut untuk teliti memperhatikan hal-hal sepele seperti itu, untuk menekan terjadinya kecurangan.

“Meski soal tinta tidak menggagalkan proses pemungutan suara, namun itu dinilai sebagai bentuk pelanggaran dari KPPS. Maka ketaatan petugas KPPS menjadi perhatian,” tandasnya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,689PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.