http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Ini Mekanisme Pencoblosan Pada Pilkada Serentak 2017

MENARAnews, Jakarta – Pada Rabu (15/02/2017), seluruh masyarakat Indonesia di 101 daerah akan menjalani proses pemungutan suara pada Pilkada Serentak 2017.

Menuru informasi yang disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis, pencoblosan suara akan berlangsung selama empat jam, yaitu sejak pukul 07.00 hingga pukul 13.00 waktu setempat.

Hadar menegaskan bagi warga yang sudah terdaftar dalam data Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa langsung menggunakan hak pilihnya. Namun bagi warga yang belum masuk DPT ataupun warga pindahan harus terlebih dahulu melalui beberapa ketentuan yang diberlakukan untuk bisa mendapatkan pelayanan menggunakan hak pilihnya.

Hal itu penting dilakukan dalam rangka menghindari terjadinya kecurangan. Berikut ini mekanisme pencoblosan dalam Pilkada serentak 2017

Pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT

Waktu pencoblosan untuk pemilih yang namanya sudah terdaftar dalam DPT, yaitu pukul 07.00 s.d 13.00 WIB.

Untuk melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS), pemilih harus mencari TPS yang sesuai dengan DPT atau domisili e-KTP.

Setelah sampai di TPS, pemilih cukup menunjukkan formulir C6 yang telah diberikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak beberapa hari lalu.

Namun bagi yang tidak sempat membawa formulir C6, karena lupa atau hilang, pemilih dapat menunjukkan e-KTP atau identitas lainnya, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Keluarga (KK)

Setelah menunjukkan formulir C6 atau identitas lainnya, petugas PPS akan melakukan verifikasi data DPT dan kemudian mencatat identitas pemilih ke dalam formulir C7 (form presensi pencoblosan). Apabila masih ada pemilih yang sedang melakukan pencoblosan di kotak suara, petugas PPS akan meminta pemilih untuk duduk menunggu giliran mencoblos.

Selain itu, petugas PPS meminta pemilih untuk mengikuti prosedur pencoblosan di TPS secara tertib.

Pemilih yang belum terdaftar di DPT

Bagi warga yang belum terdaftar di DPT tetap dapat menggunakan hak pilihnya. Syaratnya warga tersebut harus menunjukkan e-KTP. Namun jika tidak memiliki e-KTP, pemilih harus punya surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil wilayah setempat.

Masyarakat yang belum terdaftar di DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya. Untuk mencoblos pasangan calon yang dijagokan, warga tersebut diharuskan menunjukkan e-KTP miliknya.

Khusus bagi warga DKI, bisa mendapatkan surat keterangan tersebut dari petugas Disdukcapil yang ditugaskan di kantor kecamatan dan kelurahan.

Pemilih yang belum terdaftar di DPT hanya bisa melakukan pencoblosan sesuai data yang ada pada e-KTP atau surat keterangan. Misalnya, pemilih yang tinggal di wilayah Pasar Minggu, maka tidak bisa mencoblos di Tebet. Selain itu waktu yang dialokasikan untuk pemilih ini juga terbatas, yaitu pada pukul 12.00 s.d 13.00 WIB.

Oleh karena itu, bagi anda yang belum terdaftar di DPT namun ingin melakukan pencoblosan, harus mengikuti prosedur tersebut, karena petugas PPS akan dengan tegas menolak melayani anda

Pemilih pindahan

Bagi anda yang baru saja melakukan pindahan, tetap bisa melakukan pencoblosan, namun harus membawa formulir A5.

Formulir A5 adalah formulir yang dikeluarkan oleh penyelenggara pemilu yang khsusus diperuntukkan kepada warga yang menyatakan akan mencoblos di tempat lain, yang berada di luar domisili yang terdaftar di DPT.

Formulir A5 ini sangat penting bagi pemilih pindahan, karena petugas PPS dapat melakukan verifikasi bahwa pemilih tersebut adalah pemilih pindahan dari TPS lain.

Untuk formulur A5 ini, pemilih pindahan seharusnya telah memiliki formulir tersebut sejak H-3 pemungutan suara. Namun, jika pemilih tidak sempat mengurus formulir A5 hingga hari pencoblosan, PPS harus tetap melayani pemilih pindahan tersebut.

PPS akan melakukan pengecekan identitas pemilih untuk memastikan bahwa pemilih merupakan warga dari wilayah setempat yang belum menggunakan hak pilihnya, namun telah terdaftar dalam DPT

Sama seperti pemilih yang terdaftar di DPT, pemilih pindahan ini dapat mencoblos sejak pagi, yaitu pukul 07.00 s.d 13.00 WIB

Jika surat suara habis di TPS

Apabila di salah satu TPS kehabisan surat suara, namun masih ada warga yang belum melakukan pencoblosan, PPS akan melakukan koordinasi dengan TPS lain yang lokasinya dekat, melalui komunikasi via telepon atau media lainnya tanpa harus datang langsung ke TPS lainnya itu.

Jika kedua TPS itu sudah ada kesepahaman, pemilih bisa langsung menuju ke TPS yang telah ditentukan oleh petugas PPS untuk mencoblos. (ADF)

Tips untuk memastikan apakah sudah terdaftar di DPT

Mendapatkan formulir C6 dari panitia PPS merupakan salah satu bukti bahwa anda telah terdaftar di DPT, namun bagi anda yang tidak sempat mendapatkan formulir tersebut, karena adanya beberapa kendala, tapi ingin memastikan bahwa sudah terdaftar dalam DPT. Anda bisa mengeceknya secara langsung melalui halaman https://pilkada2017.kpu.go.id/pemilih/dpt/nasional atau http://kpujakarta.go.id, dan kemudian klik menu “CEK Daftar Pemilih Tetap PILGUB DKI JAKARTA 2017”

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,699PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.