http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Perkebunan dan Lingkungan Jadi Persoalan Serius di Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Salah satu persoalan yang serius baik secara regional, nasional dan global di wilayah Kalimantan Tengah adalah pada sektor perekebunan. Untuk itu, peyelesaian masalah perkebunan tidak hanya dititikberatkan pada aspek dari keberadaan lahan perekbunan dan lahan pertanian, namun pembinaan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai budaya menjadi salah satu aspek yang penting dan menentukan nilai-nilai lokal yang sebenarnya bagian dari kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan, Setjen Wantannas Letjen TNI Nugroho Widyotomo pada kegiatan penandatangan nota kesepahaman antara Setjen Wantannas dengan Rerktor Universitas Palangka Raya Kamis (26/01), di Kota Palangka Raya.

Nugroho Widyotomo dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan data yang dimiliki, lebih dari satu juta kasus ditemukan terkait persoalan perkebunan di Indonesia dan mengalami kerusakan tiap tahunnya, salah satunya termasuk perkebunan di wilayah Kalteng.

“Sebagai bangsa yang besar dan mulai memiliki berbagai potensi sumber daya baik nasional maupun internasional, sudah tentu harus dikelola secara bijak. Tugas kami adalah untuk memberikan saran dan masukan kepada Pemerintah Daerah terkait tupok (tugas pokok) kita yaitu ketahanan dan keamanan nasional.” jelas Nugroho Widyotomo.

Dijelaskannya, laju kerusakan hutan paling parah terjadi di Kalimantan dan di Sumatera. Besarnya dampak buruk yang ditimbulkan akibat kerusakan hutan ini merupakan dampak yang terjadi akibat alih fungsi hutan.

Tentunya berdampak terhadap lingkungan serta masyarakat luas di Indonesia yang mempunyai satwa dan flora endemik atau satwa asli dari Indonesia. Jika pengalihfungsian hutan menjadi perkebunan sawit ini terus berlanjut maka kekayaan hutan di Indonesia akan semakin berkurang.

“Begitu juga varietas di dalamnya, hal ini juga berdampak bagi dunia yang akan semakin lumpuh karena kehilangan paru-paru sebagai sumber pemasok oksigen bagi kehidupan umat manusia,” lanjutnya menjelaskan.

Mengenai persoalan tersebut, solusi yang ditawarkan pihak Wantannas yakni dengan melakukan konservasi hutan yang dalam jangka panjang akan membantu konservasi lahan sawit menjadi lahan pertanian. Nugroho menilai, perguruan tinggi khususnya Universitas Palangka Raya memiliki peran yang strategis sebagai salah satu center of action dalam masalah ini di wilayah Kalteng.

Serta diharapkan dapat memberikan masukan dengan melakukan pendekatan akademis terkait dengan realisasi konsep dampak alih fungsi lahan untuk perkebunan kelapa sawit terhadap lingkungan hidup dan masyarakat setempat.

“Kita harus terus berupaya meningkatkan kemajuan ekonomi rakyat dan ketahanan nasional bangsa Indonesia di bidang Pertanahan sekaligus mengurangi Angka kemiskinan dalam rangka memberikan rekomendasi strategis kepada ketua dewan ketahanan nasional” tutupnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Palangka Raya, Ferdinand dalam sambutannya menyampaikan, kerjasama ini bertujuan untuk pengembangan penelitian khususnya lingkungan politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum pertahanan dan keamanan serta pengabdian kepada masyarakat.

“Saya atas nama Rektor UPR mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Tim Wantannas atas kesempatannya kepada kami untuk kerjasama dalam bidang penelitian dan juga pengajaran tentang lingkungan hidup,” jelas Ferdinand.

Lanjutnya, Universitas Palangka  Raya memiliki berapa kegiatan kerjasama penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang sifatnya internasional yaitu khusus di bidang lingkungan dengan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Disampaikanya kembali, selama ini pihak Universitas Palanga Raya juga melakukan kerjasama secara internasional dengan menyelenggarakan kuliah jarak jauh dengan 5 Universitas luar negeri di kawasan Asia Pasifik dalam kaitannya dengan isu-isu global tentang lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

“Disamping itu manfaat kerjasama yang baik ini bertujuan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat dan kesejahteraan lingkungan,” tutupnya.(arli)

Editor: Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,701PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.