http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Mayoritas Petani Kelapa Sawit Mukomuko Gunakan Bibit Non Unggul

MENARAnews, Kab. Mukomuko (Bengkulu) – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko menduga petani kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko sebagian besar tidak menggunakan bibit unggul.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Mukomuko, Wahyu Hidayat, S.Hut mengungkapkan, dari luas total perkebunan sawit masyarakat di Kabupaten Mukomuko yang diperkirakan sekitar 99.800 ha, 90% diantaranya tidak menggunakn bibit unggul.

Sementara hanya sekitar 608 ha saja yang menggunakan bibit unggul dan ini pun menurutnya sebagian besar berasal dari bantuan pemerintah.

“Kalau dipersentasikan mungkin hanya 10% saja yang menggunakan bibit unggul, itu asalnya pun dari bantuan pemerintah sejak 2015 hingga 2016,” tuturnya.

Meskipun demikian, Ia yakin jika diantara para petani ada juga yang membeli bibit sawit unggul dari pembibit sawit berizin tetapi hanya sebagian kecil.

Untuk itu pihaknya berharap agar para petani dapat menggunakan bibit unggul dari usaha pembibitan sawit yang bersertifikat karena penggunaan bibit asalan dapat mempengaruhi kualitas kelapa sawit yang kemudian berimbas pada perekonomian masyarakat juga.

“Bantuan dari pemerintah tidak dapat terus diharapkan dan menjadi ketergantungan, masyarakat juga harus peduli terhadap kualitas sawitnya karena berpengaruh terhadap perekonomiannya, manfaatkan usaha-usaha pembibitan resmi yang ada,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, terdapat program sawit rakyat yang mampu menyediakan kecambah unggul dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit di Medan.

Program ini menurutnya selain menyediakan bibit unggul juga dapat diperoleh dengan harga yang cukup murah.

Ia meminta agar masyarakat tidak banyak berharap dari bantuan pemerintah apalagi pada tahun 2017 ini anggaran untuk membeli kecambah sawit unggul mengalami penundaan.

“Saya harap masyarakat dapat memanfaatkan program sawit rakyat ini, jangan terlalu berharap bantuan pemerintah, apalagi anggaran tahun ini ditunda, tapi kami akan kami upayakan,” tandasnya. (AL)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.