http://yoloxxx.com teen camgirl mit geilen titten kommt live zum orgasmus.
spot_img

Perlunya Pengelolaan Sampah Bernilai Ekonomis

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Tidak dipungkiri persoalan sampah masih menjadi masalah serius yang tidak hanya dihadapi pemerintah, tetapi juga masyarakat. Walaupun demikian, bagaimanapun program kebersihan terutama di Kota Palangka Raya, tanpa diserta kesadaran masyarakat untuk membantu program pemerintahnya, tentu akan sulit.

Itu diutarakan Camat Pahandut Kota Palangka Raya Abramsyah, yang mengatakan selain program kebersihan yang dimiliki pemerintah setempat, maka peran serta aktif masyarakat untuk mewujudkan Palangka Raya yang bersih dan bebas sampah diperlukan.

“Salah satu upaya menekan volume sampah adalah berawal dari rumah tangga masyarakat itu sendiri secara mandiri. Kesadaran inilah yang ingin dibangun pemerintah saat ini,” ujar Abramsyah saat dibincangi, Senin (12/12).

Menurut dia, lebih bagus bila ada sebagian kecil saja misalkan ada mampu mengelola sampah dengan baik, terutama dengan memilah sampah yang masih dapat di daur ulang atau dimanfaatkan menjadi barang bernilai. Selama ini, belum terlihat nyata ada rumah tangga yang mampu melakukan pengelolaan sampah menjadi produktif.

“Memang ini sulit dilakukan, sebut saja kalau ada hanya warga yang beraktifitas sebagai pemulung yang memilah-milah sampah bernilai produktif. Itupun dijual ke pengempul sampah. Nah, yang kami maksud ada rumah tangga yang mampu menghimpun pemilahan sampah, mulai dari sampah organik, non-organik, hingga memisahkan sampah yang masih bsia dimanfaatkan seperti sampah botol, gelas, kemasan plastik, kertas dan kardus yang dapat didaur dan bernilai ekonomis,” bebernya.

Dijelaskan, cara tersebut semestinya bisa dilakukan sejak dari tempat sampah rumah tangga, sudah memilah dan menempatkannya di tempat sampah khusus. Memang disadari kata dia, cara itu dapat dilakukan, bila ada inovasi dari rumah tangga pada sebuah lingkungan masyarakat.

“Bila ini dapat dilakukan maka multiefeknya sangat baik, terutama akan menjaga lingkungan masyarakat menjadi bersih,” tandas Abramsyah.

Bila berkaca dari kota besar lainnya, lanjut dia, maka inovasi masyarakat untuk memanfaatkan limbah sampah sangat tinggi. Sebut saja disebuah kawasan, setidaknya ada satu rumah tangga yang menjadi pusat untuk mengolah sampah dengan fokus daur ulang menjadi produk tertentu, misalkan pupuk.

“Hal semacam inilah yang kami inginkan, selain rumah tangga dapat menghasilkan uang, disisi lain dengan adanya kreatifitas warga, maka suatu lingkungan masyarakat akan sangat bersih dan asri bebas dari permasalahan sampah. Jadi ini juga merupakan solusi persoalan dalam penanganan sampah selama ini, selain masyarakat tetap membuang sampah pada tempatnya, di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) maupun depo sampah yang tersedia,” pungkas Abramsyah.(AF)

Editor: Hidayat

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,685PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles

dirtyhunter.tube unique blonde woman in art erotica.