UMK Pandeglang Tahun 2017 Diprediksi Naik Sebesar 8.25 Persen

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Upah Minimun Kabupaten/Kota (UMK) Pandeglang tahun 2017 mendatang dipastikan mengalami kenaikkan. Hanya saja, nilai kenaikkan UMK belum ditentukan, lantaran Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) bersama Dewan Pengupahan belum melakukan rapat pleno penetapan kenaikkan UMK.

Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinsosnakertrans Pandeglang, Muslih menyebutkan, sejauh ini angka kenaikkan UMK diusulkan sebesar 8.25 persen, atau sekitar Rp 164.000. Angka itu muncul berdasarkan parameter perhitungan yang ditentukan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

“Dalam PP 78, komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) tidak lagi menjadi acuan, melainkan berpatokan pada angka inflasi nasional dan Produk Domestik Bruto (PDB),” jelas Muslih saat ditemui di ruangannya, Selasa (01/11/2016).

Muslih membeberkan, saat ini angka inflasi sebesar 3.07, sementara PDB sebesar 5.18%. Kedua komponen itu kemudian ditambahkan lalu dikalikan dengan nilai UMK berjalan tahun 2016 yang sebesar Rp 1.999.981.

“Ketentuan hasil UMK ini harus segera direkomendasikan kepada Gubernur Banten paling lambat tanggal 20 November. Oleh karena ia berharap, rapat pleno penetuan angka UMK ini bisa disahkan pada Kamis mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Unita Kerja Serikat Pekerja PT. Cibaliung Sumberdaya, Johan Dwiyantoro mengaku, angka kenaikkan UMK tahun depan dianggap masih rendah. Mengingat, angka kenaikkan sebesar 8.25 persen dianggap belum mampu memenuhi kebutuhan hidup para pekerja.

“Kalau dari kami tentu nilai segitu tidak akan mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Terlebih, aturan yang digunakan merupakan acuan dari pusat tanpa melihat kondisi nyata dimasing-masing daerah,” tuturnya.

Apalagi kata Johan, aturan PP Nomor 78 dinilai tidak mencerminkan aspirasi pekerja sehingga hingga kini masih banyak dipertentangkan.

“Untuk itu nanti kami akan menyampaikan aspirasi di dewan pengupahan. Tetapi saat ini kita masih menghitung berapa angka idealnya. Nanti sebelum pleno semoga sudah ada hasilnya,” tutupnya. (Kr)

Editor: Irdan

Comments
Loading...