Tingkatkan Partisipasi Politik, KPU Pandeglang Bidik Para Pelajar

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Kesuksesan dalam Pilkada Serentak tidak lepas dari salah satu indikator, yaitu Partisipasi Politk. Peningkatan partisipasi politik menunjukkan bahwa tingginya tingkat kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak suaranya dalam penntas demokrasi.  Salah satu upaya untuk meningkatkan partisipasi politik, yakni optimalisasi sosialisasi kepada masyarakat, terutama para pelajar.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh KPU Kabupaten Pandeglang, kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat telah selesai diselenggarakan, sebanyak 15 kegiatan dilaksanakan dalam kurun waktu 9 hari sejak 11 Agustus 2016 hingga 14 Oktober 2016. Target sosialisasi sekitar 1.000 orang dengan kategori sosialisasi, yaitu tokoh agama, pemilih perempuan, marjinal, disabilitas, dan pemilih pemula.

Sementara itu, KPU Pandeglang bekerja sama dengan pihak kampus untuk melakukan kegiatan sosialisasi Goes to Campus yang akan diselenggarakan sebanyak 4 kegiatan dibeberapa Perguruan Tinggi (PT) di Kabupaten Pandeglang, diantaranya Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten, STAISMAN, STAI Babunnajah, dan STISIP Banten Raya. Kegiatan tersebut ditargetkan akan diikuti sekitar 100 mahasiswa dan mahasiswi setiap PT dan diisi oleh pemateri yang berasal dari komisioner KPU Pandeglang, komisioner KPU Banten dan akademisi.

Selain kegiatan sosialisasi Goes to Campus, KPU Pandeglang juga melakukan kegiatan sosialisasi Goes to School yang akan akan diselenggarakan sebanyak 35 kegiatan (1 sekolah per kecamatan) dibeberapa Sekolah Menengah Atas (sederajat). Kegiatan tersebut ditargetkan akan diikuti sekitar 75 siswa dan siswi setiap sekolah dan diisi oleh pemateri yang berasal dari komisioner KPU Pandeglang dan komisioner KPU Banten.

Di sisi lain, KPU Pandeglang tidak hanya mempersiapkan sosialisasi bagi para pelajar, tetapi juga mempersiapkan penempatan dan penentuan lokasi kampanye dan alat peraga kampanye.

“Belum ditentukan, besok akan ditentukan dengan melakukan rapat bersama para tim sukses pasangan calon di Gedung PGRI Kecamatan Cikedal, pukul 09.00”, ungkap salah satu Komisioner KPU Pandeglang Ida Jahidatulfalah saat dikonfirmasi melalui telepon seluler. (17/10/2016).

Saat ini KPU Pandeglang belum menentukan penempatan dan penentuan lokasi kampanye dan alat peraga kampanye yang akan diusulkan ke KPU Provinsi Banten. Penentuan akan diputuskan setelah melakukan rapat dengan tim sukses setiap calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017. (IY)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!