Pemkab Pandeglang Tak Tertarik Serahkan Kas Daerah Ke Bank Banten

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pemerintah Kabupaten Pandeglang belum tertarik untuk memindahkan kas daerahnya ke Bank Banten. Meski Pemprov Banten akan mulai mengelola keuangannya di Bank Banten pada tahun 2017 mendatang, tetapi hal itu tidak membuat Pemkab Pandeglang silau.

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban menjelaskan, Pemkab akan melihat perkembangan dan performa bank yang diresmikan pada awal Oktober lalu itu terlebih dahulu.

“Kita masih meninjau, karena saham kita masih di BJB. Jika ada kebijakan harus memindahkan ke Bank Banten, harus kami kaji dahulu. Sebagai bank baru, masih perlu ditinjau keuntungan yang akan diperoleh Pemkab,” ujar Tanto, Selasa (11/10/2016).

Jika kas daerah Pemkab Pandeglang dialihkan ke Bank Banten, lanjut Tanto, maka dikhawatirkan akan mempengaruhi deviden bagi Pemkab. Apalagi selama ini, deviden yang di dapat Pemkab dari Bank BJB dinilai cukup besar, yang digunakan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi itu harus ditinjau dulu, kita mempertimbangakan deviden. Kita punya saham di sini (Bank BJB), kan memiliki Bank BJB. Kalau tidak simpan uang di BJB, maka keuntungan kita semakin kecil. Deviden ini kan digunakan untuk menambah PAD kita, untuk pembangunan,” terang Tanto.

Ia mengatakan, hingga kini belum telihat analisa keuntungan yang diperoleh jika keuangan Pemkab Pandeglang dikelola oleh bank milik PT. Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk itu. Apalagi sampai saat ini, belum ada koordinasi yang dijalin oleh Pemprov Banten. Dirinya pun mengkhawatirkan peralihan keuangan Pemkab ke Bank Banten, tidak sanggup difasilitasi oleh bank yang sempat menuai polemik itu.

“Kita lihat perkembangan karena kita kan perlu proses, termasuk sosialisasi dengan SKPD. Apalagi kan bank baru, takut kantor kasnya kurang. Terutama di daerah Selatan. Di Pandeglang saja hanya ada satu. Artinya ada fasilitas yang tidak dipenuhi oleh Bank Banten untuk kinerja Pemkab dalam pengelolaan dan penyaluran dana daerah,” ungkapnya. (Dnd)

Editor: Irdan

Comments
Loading...
error: Content is protected !!