Walikota Ini Geram Masih Ada PKL Berjualan Di Emperan Pasar

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, marah kepada pedagang  kaki lima (PKL) yang masih menjajakan dagangannya diemperan pasar Kahayan, amarah tersebut diluapkan saat meimpin pembersihan lokasi bekas penertiban di Jalan Mendawai, komplek Pasar Kahayan Palangka Raya, Jumat (16/09/2016).

“Kenapa ibu masih berjualaan diemperan Pasar, seharusnya ibu malu dengan yang muda, mereka mau mengikuti aturan berjualan didalam blok pasar, ibu seharusnya menjadi contoh untuk yang muda bukannya malah menggambarkann yang tidak baik,” tegur Riban kepada salah satu pedagang.

Dia mengatakan, Apabila ini dibiarkan maka nantinya akan mengakibatkan kecemburuan kepada pedagang lain, dan dampaknya akan semakin banyak yang ikut membuka lapaknya di emperan pasar.

“Pihak UPT Pasar Kahayan sudah menyediakan lapak di dalam pasar kenapa tidak dipergunakan dengan baik, saya tidak mau lagi melihat ada yang berjualan diemperan, apabila masih ada, pihak satpol PP harap untuk ditertibkan dan diangkut,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Kahayan, Musa mengatakan bahwa pedagang tersebut sebelumnya memang sudah berjualan di dalam lapak namun keluar lagi dengan beberapa alasan.

“Mereka mengaku tidak sanggup membayar biaya sewa lapak, namun kami sudah mengatakan kepda mereka untuk tidak memikirkan sewa lapak, sebab sudah diberi kemudahan selama dua bulan untuk tidak membayar terlebih dahulu,” ucapnya.

Bahkan, imbuhnya lebih lanjut, pihaknya sudah pernah menyita barang dagangan mereka dan menyimpannya di pos keamanan namun tetap saja mereka membandel dan bersikukuh untuk berjualan di emperan pasar.

“Namun saya pastikan setelah ini tidak akan ada lagi PKL yang menjajakan barang dagangannya di emperan pasar, setelah ini kami akan lebih tegas lagi dalam menertibkan PKL,” ujarnya.

Sedangkan dari pihak satpol PP, melalui Kasat Pol PP Kota Palangka Raya, Baru I Sangkai, menyatakan siap menjalankan Peraturan Daerah (Perda) dan akan mengamankan para PKL yang masih bandel dengan menjajakan barang dagangannya di luar pasar.

“Kita Siap mengamankan dan mengangkut para PKL yang masih bandel berjualan di area emperan pasar baik sisi sebelah kanan mmaupun sisi sebelah kiri, sebab kita akan menerjunkan anggota kita untuk berjaga di pos yang sudah disediakan,” singkatnya. (AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...