Robert L Gerung Resmi Dilantik Wakil Ketua I DPRD Kapuas

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Hampir tiga tahun mengalami kekosongan unsure pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Akhirnya Robert L Gerung dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dipercaya menjabat unsur pimpinan DPRD Kapuas, sebagai wakil Ketua I DPRD Kapuas priode 2014-2019.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Wakil Ketua I DPRD Kapuas Robert L Gerung, secara resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalteng, dengan mengambil tempat di ruang rapat paripurna DPRD Kapuas, Senin (19/9) pagi.

Paripurna istimewa pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan unsur pimpinan DPRD Kapuas itu, dihadiri oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Wakil Bupati Kapuas, H Muhajirin, sejumlah anggota DPRD Kapuas, unsure pimpinan Forumkopinda, SKPD terkait, pengurus partai politik, lembaga masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Robert L Gerung mengungkapkan, bahwa usai dilantik dirinya sebagai Wakil Ketua I DPRD Kapuas, banyak hal yang harus dihadapi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat, terutama berkaitan dengan pembahasan menjelang APBD Perubahan 2016, dan APBD murni tahun 2017.

“Mengingat APBD kita ini tentu saja secara nasional tahu bahwa APBD kita ini mengalami kekurangan, tentunya dewan bersama pihak pemerintah daerah artinya bagaimana dalam rangka menghadapi itu agar kepentingan dalam daerah Kabupaten Kapuas ini bisa terwujud pembangunan yang merata dan pembangunan yang berpihak kepada masyarakat,” katanya, kepada sejumlah awak media usai dilantik.

Pemerintah pusat, sambung mantan Ketua Komisi I DPRD Kapuas ini, menginginkan hal yang sama juga yaitu, bisa terwujud pembangunan yang merata dan pembangunan yang berpihak kepada masyaraka. Selain itu, lanjut wakil rakyat yang terpilih dari Dapil V ini, setiap dana yang sudah dikucurkan ke daerah artinya inginnya pemerintah bahwa pembangunan itu benar-benar terarah untuk kepentingan masyarakat.

“Nah inilah yang penting, begitu saya dilantik, saya bersama unsure pimpinan lain yang sifatnya kolektif kologial dan bersama seluruh anggota dewan, artinya saya minta ini bersama-sama dengan pemerintah daerah dan seluruh jajaran untuk bersama-sama mengamankan itu (pembangunan yang merata dan berpihak kepada rakyat-red),” tandasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan keterlambatan PDI-Perjuangan mengakat anggotanya duduk di kursi unsure pimpinan DPRD Kapuas pengantian antar waktu (PAW), dimana Fraksi yang berlambang moncong putih ini mendapatkan jatah kursi pimpinan DPRD Kapuas.

Robert menerangkan, bahwa Fraksi PDI-Perjuangan mempunyai mekanisme dan aturan yang cukup panjang, “Bukan artinya punya keraguan, tapi dari partai sudah menetapkan, namun ada mekanisme-mekanismenya,” jelasnya. (kontributor)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...