Puluhan Buruh Sambangi Disnakertrans Kotawaringin Barat, ada apa?

MENARAnews, Pangkalan Bun (Kalteng) – Ada pemandangan tak biasa di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kotawaringin Barat (Kobar) pagi ini (14/06/2016). Puluhan buruh yang merupakan pekerja PT. Wana Sawit Sumber Lestari (WSSL) itu menyambangi Kantor Disnakertrans Kab. Kobar untuk mengadukan PT. WSSL.

Menurut para buruh, kedatangan mereka ke kantor Disnakertrans Kab. Kobar tersebut bukan untuk berbuat anarkis, melainkan untuk mengadukan PT. WSSL yang beroperasi di Kec. Pangkalan Banteng karena memperlakukan mereka dengan cara-cara yang tidak manusiawi.

“kami datang bukan untuk berbuat anarkis, melainkan utk menyuarakan hukum dan kebenaran.” kata salah satu pengunjuk rasa.

Ibram Alpandi yang menjadi kordinator aksi tersebut menyebut bahwa PT. WSSL seringkali membuat kebijakan-kebijaka yang merugikan para buruh. Dirinya mengungkapkan bahwa PT. WSSL sering menunggak pembayaran para buruh dengan berbagai alasan.

“menunda pembayaran hak pekerja dan tidak memproses pengajuan pekerja minta PHK.” ujarnya.

Selepas puas berorasi, para buruh tersebut diterima Kepala Disnakertrans Kab. Kobar Akhmad Yadi beserta jajarannya, diantaranya Morlen manik, S. Ip ( Kabid Hubungan industrial dan pengawasan) dan Bungaran sianidar. SE. (Kasi Hubungan industrial).

Dalam upaya mediasi tersebut, Akhmad Yadi meminta kepada buruh untuk tidak berbuat anarkis karena hal itu justru akan merugikan parah buruh sendiri. Selain itu, pihaknya berjanji akan segera menemui PT. WSSL untuk membahas permasalahan tersebut.

“besok rombongan dari dinasnakertrans akan datang ke perusahaan PT.WSSL untuk kordinasi menyelesaikan dengan pihak perusahaan sesuai dengan tuntutan para pendemo.” tutupnya (Riz)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...