Pengurus PMI Kecamatan Se Kota Palangka Raya Resmi Dilantik

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya H. Rusliansyah melantik secara resmi pengurus Palang Merah Indonesia se Kecamatan Kota Palangka Raya masa bakti 2016 sampai dengan 2021, Kamis (01/09/2016).

Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Pahandut dengan disaksikan Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio didampingi Asisten II Bidang Kesra, Gunawan Abel, sejumlah Kepala SKPD, Camat dan lurah se Kota Palangka Raya, serta  jajaran pengurus PMI Kota Palangka Raya.

Usai menghadiri pelantikan tersebut, Wakil Wali Kota Mofit Saptono Subagio mengatakan, PMI merupakan salah satu organisasi yang menjadi ujung tombak ditengah masyarakat, dimana kehadirannya diperlukan manakala masyarakat tengah mengalami insiden atau peristiwa. Karena itulah PMI tingkat kecamatan harus berperan aktif di tengah masyarakat sebagai bentuk kewaspadaan dan pengurangan risiko terhadap bencana alam serta hal-hal yang tidak diinginkan di masa akan datang.

“Kami mendorong PMI terutama yang ada pada tingkat  kecamatan harus mampu lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Harus kita akui, permasalahan kemanusiaan kerap terjadi pada tingkat kecamatan dan kelurahan, karenanya sangat tepat pengurus PMI dapat menyentuh hingga kecamatan,”ujarnya.

Dikatakan Mofit, tidak ada salahnya dalam menunjang pengembangan keberadaan PMI di Palangka Raya, maka diperlukan kerjasama dengan pihak lain, sebut saja pihak swasta.

“Saya pikir kehadiran PMI dapat membuka partisipan dari pihak swasta untuk mampu mendorong membantu menunjang sarana dan prasarana yang dapat mendukung kegiatan PMI. Semuanya ini dilandasi dengan pemahaman masing-masing tanpa ada unsur paksaan didalamnya, karena muara akhirnya adalah kemanusiaan,”tuturnya.

Mofit menambahkan, Pemko siap mendukung  kegiatan PMI, terutama eksistensi maupun proaktif dalam melakukan berbagai kegiatan-kegiatan kemanusiaan sebagaimana yang diharapkan.

Sementara itu Ketua PMI Kota Palangka Raya H. Rusliansyah mengharapkan pengurus tingkat kecamatan dapat ikut proaktif dalam setiap kegiatan kemanusiaan di Palangka Raya. Menurutnya sebagai pengurus PMI maka landasannya adalah kesadaran dan pengabdian untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ditambahkannya, saat ini  PMI Kota Palangka Raya tengah memperkuat kerjasama dengan berbagai pihak dalam berbagai kegiatan kemanusiaan, seperti menyiapkan stok kantong-kantong darah.

“Ini akan kami gerakkan, ketika orang mencari darah, itu akan tersedia. Bagusnya sejumlah perguruan tinggi seperti UPR, Universitas Muhamadiyah, dan IAIN selama ini gencar melakukan kegiatan donor darah. Ini gambaran dari salah satu kegiatan, disamping banyak kegiatan kemanusiaan lainnya,” pungkas Rusliansyah. (Agus Fataroni)

Editor: HIdayat

Comments
Loading...