Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kabupaten Tubaba Dinilai Belum Optimal

MENARAnews, Tubaba (Lampung) – Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan desa, Ketua Komisi C DPRD Tulangbawang Barat (Tubaba) Paisol SH, meminta agar para Kepalo Tiyuh (kepala kampung) se-Tulangbawang Barat (Tubaba) dapat memberdayakan pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD) se-Tubaba.

Paisol menilai, saat ini PD dan PLD belum melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal, sehingga banyak keluhan yang telah masuk ke DPRD Tubaba terkait dengan hasil pekerjaan yang menggunakan dana desa (DD) dalam wilayah Tubaba. “Ini harus menjadi atensi penting bagi seluruh PD dan PLD. Mengapa ini kami tekankan karena tujuan dari adanya pendamping desa itu untuk mengimplementasikan aturan sehingga dana yang begitu besar dapat betul-betul bermanfaat,” jelasnya.

Pendamping desa menurutnya harus memberikan saran dan masukan kepada aparatur tiyuh se-Tubaba. Saran dan masukan tersebut harus dapat dibuktikan serta dapat dipertanggungjawakan. “Jika tidak ada pendampingan, maka kami patut mempertanyakan keberadaan mereka,” ungkapnya dengan tegas.

Paisol tidak ingin, keberadaan pendamping desa seperti yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Karena informasi yang ia terima, sering kali PD tidak mempunyai arti dalam mengurusi dana desa. Akibatnya, dana desa hanya dimanfaatkan begitu saja oleh aparatur kampung. “Marwah dari DD ini adalah percepatan pembangunan di kampung-kampung, kalau di tempat kita tiyuh-tiyuh. Tapi kalau ternyata uangnya habis begitu saja atau dikerjakan asal jadi, asal ada, artinya program itu gagal,” jelasnya lagi.

Sebagai wakil rakyat meski tidak ada garis hierarki pemeriksaan, pihaknya akan mengawasi PLD dan PD sebagai bentuk pertangggungjawaban pihaknya kepada konstituen yang telah mempercayai mereka menjadi wakil rakyat. “Mengapa ini harus kami lakukan, sebab dana desa ini juga merupakan yang rakyat. Karena itu dana ini harus mempunyai manfaat yang besar bagi kesejahteraan rakyat,” tutupnya. (RZ)

Comments
Loading...