PDAM Siapkan 1.000 Jaringan Gratis Untuk Masyarakat Kurang Mampu

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah siap menyambungkan 1.000 jaringan gratis bagi masyarakat kurang mampu.

Hal tersebut disampaikan lagsung oleh Direktur utama PDAM Tridoyo, bahwa pihaknya akan menyambungkan kurang lebih 1.000 jaringan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

“Pada tahun ini melalui program hibah sambungan masyarakat berpenghasilan rendah kami akan segera memasang 1.000 sambungan air secara gratis,” katanya, saat dikonfirmasi, Senin (19/09/2016).

Dia menerangkan, kegiatan tersebut merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Pendanaan pemasanagan jaringan itu pun dialokasikan melalui dana hibah oleh kementerian.

“Dana program ini didapat dari hibah kementerian tapi untuk sementara akan ditutupi dulu oleh pemda dengan bentuk penyertaan modal. Ketika nanti sudah ada pencairan dari kementerian maka dana itu akan dikembalikan,” jelasnya.

Dilanjutkannya, sasaran dalam program ini pun telah ditetapkan khusus untuk kota Palangka Raya adalah komplek perumahan di Jalan Kecipir.

“Program ini juga menjadi upaya pemerataan pembagian air bersih dari PDAM. Sarana dan prasara dalam penyambungan ditanggung PDAM sehingga masyarakat tinggal menyambungkan jaringan kerumah masing-masing,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan pemasangan gratis pada tahun 2017 juga akan dilaksanakan dengan jumlah sasaran sebanyak 750 sambungan.

“Sementara untuk sambungan reguler tahun ini kita targetkan dapat memasang 500 sambungan dan untuk tahun depan kami targetkan minimal dapat memasang juga 500 jaringan secara reguler,” katanya.

Imbuhnya, jika dalam waktu dekat pihaknya bersama Wali Kota Palangka Raya juga akan melaksanakan loka karya di Jakarta dengan bahasan pokok tentang penyediaan air bersih bagi masyarakat. (AF)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...