Marak Sengketa Tanah, BPN Jadi Sasaran Aksi Unjuk Rasa

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Konflik agraria merupakan permasalahan yang sering terjadi hampir di semua daerah. Maraknya permasalahan agraria di Kabupaten Pandeglang membuat Jaringan Kerja (Jaka) Tani dan Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Pandeglang. (14/09/2016)

“Tahun ini adalah tahun politik, jika tidak ada penyelesaian konflik agraria di Kabupaten Pandeglang maka tidak ada suara dalam Pilgub Banten 2017”, tegas Koordinator aksi Ahmad Faizi saat menyampaikan orasinya.

Ia melanjutkan, banyak yang menganggap bahwa petani menghambat industri padahal petani adalah leeding sector bagi masyarakat khususnya penghasil padi (beras).

“Sengketa-sengketa tanah yang terjadi karena tanah yang subur semakin dikuasai oleh segolongan kecil pemilik tanah yang biasanya memiliki kekuatan politik”, tutur pemuda yang biasa disapa Faiz.

Ia berharap, Negara perlu melakukan intervensi dalam mengatur tata guna tanah demi kepentingan bersama terutama untuk petani penggarap agar kebutuhan pangan rakyat tercukupi. (IY)

Comments
Loading...