KPU Muarojambi Mulai Mutakhirkan Daftar Pemilih Pilkada

MENARAnews, Jambi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Muarojambi akan melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih tetap untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi Tahun 2017. Pemutakhiran data akan dilakukan mulai 8 September 2016 hingga 7 Oktober 2016.

Komisioner KPUD Muarojambi, Elfi Prasetya mengungkapkan bahwa pada 8 September (hari ini_red) PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) akan terjun ke seluruh wilayah untuk lakukan coklit (pencocokan dan penelitian).

“Sebanyak 899 PPDP sudah siap kita terjunkan untuk 840 TPS,” ungkapnya saat ditemui usai kegiatan Apel Siaga Coklit Pemutakhiran Data Pemilih & Launching Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi Tahun 2017 pada Rabu (7/9) yang dipimpin langsung oleh ketua KPU RI, Juri Ardiantoro di Lapangan Sepakbola Desa Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi.

Menurutnya, pemutakhiran itu bertujuan menghasilkan data pemilih yang berkualitas, akurat dan komprehensif. Sebelum terjun ke lapangan, PPDP  diberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait proses pemutakhiran data. Pasalnya, petugas akan bertanya langsung satu per satu kepada warga Muarojambi.

“Nanti dilihat datanya dan disinkronisasi status pemilihnya. Misalnya, statusnya sudah menjadi TNI/Polri, nanti di-update, atau nanti ternyata penyandang disabilitas, maka disesuaikan,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua KPU RI, Juri Ardiantoro saat dikonfirmasi terkait kegiatan ini  mengatakan ini merupakan kegiatan yang sangat baik, mengumpulkan dan memotivasi PPDP mulai bekerja besok pagi (hari ini_red) karena mereka merupakan ujung tombak pelaksanaan pilkada yang dituntut untuk menghasilkan data pemilih tetap yang akurat.

“Mereka harus diberi pemahaman yang cukup apa yang menjadi tugas pokok, dan bagaimana menyajikan daftar pemilih yang sebaik-baiknya,” sebutnya.

“Jadi kegiatan ini menjadi sangat penting bahwa mereka siap untuk melaksanakan tugas selama sebulan kedepan,” sambungnya.

Apakah yang tidak punya E-KTP tidak bisa memilih? dikatakan Juri, ini kan baru tahap pemutakhiran daftar pemilih, belum tahap memilih. Jadi untuk ketentuan syarat-syarat mengenai yang didaftar sebagai pemilih itu haru orang yang warga Muarojambi yang sudah berumumur 17 tahun, yang dibuktikan dengan KTP elektronik.

“Kalau masyarakat belum punya KTP elektronik, seyogyanya mereka mengurus untuk mendapatkan surat keterangan kependudukan dari dinas terkait. Itu sebagai pengganti KTP elektronik,” jelasnya.

Pimpinan Bawaslu provinsi Jambi, Ribut S saat dikonfirmasi mengenai akan dimulainya pemukhtahiran data pemilih oleh PPDP mengatakan pihaknya berharap agar pemukhtahiran data pemilih ditingkat bawah dapat berjalan dengan baik dan lancar serta tidak adanya langkah-langkah yang nantinya menyimpang dari regulasi.

“Kita tugaskan kepada PPL di masing-masing desa terhadap coklit ini agak dilakukan pengawasan melekat,” sebutnya.

Dijelaskan Ribut, proses pengawasan melekat ini pihaknya menigingkan Panwas dan PPL memastikan bahwa pelaksanaan pemukhtahiran data pemilih ini dilakukan melalui proses yang benar.

“Tentunya dengan adanya wawancara terhadap masing-masing KK, yang terdaftar di DP4,” jelasnya. (GWA)

Comments
Loading...