KPU Kobar Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

MENARAnews, Pangkalan Bun (Kalteng) – KPU Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu bertempat di SMK Bhakti Indonesia Medika Pangkalan Bun. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk mewujudkan Pemilu yang terbebas dari money politic.

Dalam acara yang diikuti siswa-siswa Kelas X dan XI tersebut, Komisioner KPU Kobar Devisi sosialisasi, Partisipasi dan SDM Dorprawati Siburian mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu program Divisi KPU Kabupaten Kobar dalam menanamkan pendidikan tentang pentingnya pendidikan pemilu pada anak-anak muda penentu masa depan bangsa terutama masa depan kabupaten Kobar.

” Sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini sangat penting karena Mengingat kebanyakan para pemilih pemula ini masih di jenjang sekolah, yakni usia 17 tahun, maka perlu ditanamkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pentingnya pemilu sedini mungkin,” Kata Dorprawati usai kegiatan (Jumat/16/09/2016).

Lebih lanjut ia menekankan bahwa sosialisasi tersebut sangat penting artinya bagi para pemilih pemula yang sebagian besar merupakan murid SMA atau sederajat agar mampu mewujudkan demokrasi di Indonesia, khususnya dalam rangka Pilkada Serentak Kobar Tahun 2017.

“Oleh sebab itu diharapkan dengan mengikuti acara sosialisasi semacam ini akan meningkatkan partisipasi kawula muda dalam menyelenggarakan pemilu di masa mendatang,” tambahnya.

Dorprawati pun menjelaskan metode penyampaian dalam acara sosialisasi kepada pemilih pemula menggunakan metode materi diselingi dengan tanya jawab.
“Saya lihat tadi siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti acara dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan, terutama tentang adanya bakal calon perorangan, sedangkan materi yang disampaikan dalam acara sosialisasi antara lain Pentingnya Pemilu, Penyelenggara Pemilu, Tahapan Pemilu, Peserta Pemilu, Pemutakhiran Data Pemilih sampai bagaimana Menjadi Pemilih yang Cerdas,” Katanya.

Dorprawati juga menyebut agar pemilih pemula dapat menjadi teladan yang akan memperbaiki pilar demokrasi karena hal tersebut harus dimulai dari pemilih pemula, dimana diharapkan pemilih pemula dalam pemilu bebas memilih tanpa adanya money politik.

” Saya selalu tekankan kepada pemilih pemula, jika mereka memilih karena uang maka teteskanlah airmata didalam bilik suara,sebab mereka memilih karena uang bukan karena hati nuraninya, untuk itu saya pun tadi minta sebelum memilih terlebih dahulu kenali dulu calonnya, bagaimana programnya dalam membangun,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kobar Siti Wahidah mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih dalam proses melakukan pemutakhiran data DPT sebagai salah satu tahapan yang harus ditemput KPU Kobar dalam menyelenggarakan Pilkada Kab. Kobar 2017.

“Kita masih belum jumlah pasti pemilih pemula untuk Pilkada Kobar 2017 karena masih dalam proses pemutkahiran DPT. Rencananya pemutkahiran akan berakhir pada 7 Oktober 2016.” katanya. (Riz)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...