KPU : Kami Bekerja Sesuai UU

MENARAnews, Jayapua (Papua) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura, menggelar Forum Diskusi Pemilukada Bersama Pemangku Kepentingan dalam rangka mensukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jayapura Tahun 2017, Senin (19/9/16).

“Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini adalah, bagaimana stokhelder khususnya kepada pemda dan partai politik agar bisa mensukseskan pilkada kota jayapura,” kata Yermias Numberi, ketua KPUD Kota Jayapura saat di temui di Abepura.

Dijelaskan bahwa, kami dari pihak KPU akan menegakkan UU yang menjadi dasar hukum penyelenggaraan Pemilukada dan kami sudah mensosialisasikan kapan waktu pendaftaran Bakal Calon, dan kami harapkan Partai politik pengusung dapat mentaati peraturan yang berlaku.

“Kalo ada masalah tentang pencalonan maka harus segera di selesaikan tidak boleh ditunda,” ucapnya.

Dikatakan, tanggal 21 sampai 23 merupakan masa yang harus dimanfaatkan dengan baik dengan syarat-syarat yang telah di sampaikan atau yang tertulis dalam aturan agar di penuhi oleh partai politik atau gabungan partai politik saat mencalonkan calonya.

“Saya pikir parpol sudah tau itu karena kami sudah menyampaikan sebelumnya kepada parpol untuk hal-hal tersebut itu tujuan kami,”katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoy mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pilkada serentak gelombang ke-II, Papua menjadi Provinsi dengan Pemilukada terbanyak yaitu 11 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. KPU Provinsi Papua sudah melakukan supervisi keseluruh kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada di Papua nanti dengan harapan dapat mengetahui kendala dan tahapan yang telah berjalan.

“Pihak KPU sudah melakukan tahapan-tahapan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dimana pendaftaran melalui jalur Partai politik akan di mulai tanggal 21-23 September 2016, tanggal 24 Oktober akan dilakukan penetapan Calon yang memenuhi syarat dan dapat mengikuti Pilkada, dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut pada tanggal 25 Oktober 2016, kemudian akan masuk dalam proses kampenye selama bulan,”katanya. (Surya)

Comments
Loading...