KKS dan PKH, Harapan Bagi Keluarga Tidak Mampu di Kab. Batara

MENARAnews, Muara Teweh (Kalteng), Banyaknya keluarga miskin atau tidak mampu di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan program-program untuk mengentaskan kemiskinan. Beberapa program tersebut adalah dikeluarkannya bantuan berupa Kartu Keluarga Sehat (KKS) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan/TKSK Kab. Batara, Amarul Alimul Hakim, mejelaskan program KKS merupakan program bantuan dari Kementrian Sosial kepada masyarakat tidak mampu. Alokasi anggaran yang di terima Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima KKS sebesar Rp. 200.000 setiap bulan. Sedangkan PKH adalah program bantuan tunai bersyarat.

“Bantuan tunai bersyarat maksudnya, setiap warga miskin yang diprioritaskan mendapatkan PKH harus memenuhi syarat dari komponen ibu hamil dan mempunyai balita, mempunyai anak SD, SMP dan SMA. Apabila memenuhi salah satu komponen tersebut, maka keluarga tidak mampu berhak mendapatkan PKH”. Ujar Hakim.

Setidaknya bantuan dari pemerintah dapat membantu perekonomian dan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat tidak mampu di Kab. Batara.

Hal senada diungkapkan oleh M. Aliansyah (Warga Teweh Tengah penerima program PKH), program PKH sangat membantu terutama dalam pembiayaan anak-anaknya untuk pendidikan, seperti pembelian alat-alat sekolah maupun lainnya yang berhubungan dengan sekolah. (Adr)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...