Ketua MPR RI: Pancasila Terancam Lumpuh

MENARAnews, Banda Aceh (Aceh) – Pancasila sebagai ideologi atau dasar Negara Indonesia mempunyai peran yang begitu besar bagi kehidupan Bangsa Indonesia. Pancasila menjadi dasar perilaku seluruh masyarakat Indonesia. Namun yang terjadi saat ini, sila-sila dalam Pancasila banyak yang melemah. Hal tersebut disampaikan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dalam orasi ilmiah di Gedung AAC Dayan Dawood, Universitas Negeri Syiah Kuala (6/9).

“Pancasila terancam lumpuh,” ujar Zulkifli Hasan.

Musyawarah mufakat yang merupakan salah satu wujud dari sila ke-4 Pancasila dalam hasil survei dinilai melemah sebesar 98,6 persen. Hal tersebut menjelaskan bahwa konsep musyawarah mufakat di masyarakat Indonesia sudah hampir dilupakan. Contoh lain yakni melalui pertanyaan peran negara untuk perwujudan dari sila ke-5 Pancasila yang menyebutkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia juga dinilai hanya menguat sebesar 4 persen.

“Sekarang hampir semua hafal Pancasila, sampai di luar kepala,” katanya diikuti tawa.

Zulkifli Hasan menjelaskan, pelemahan Pancasila ditengarai oleh sikap masyarakat Indonesia saat ini yang kurang menghayati sila-sila tersebut. Masyarakat Indonesia hanya menghafal tanpa memahami bahwa Pancasila yang dibuat oleh mayoritas tokoh muslim ini begitu mencerminkan nilai-nilai agama.

“Sebenarnya perilaku Pancasilais itu sangat indah,” ungkapnya pada seluruh undangan yang hadir.

Perilaku Pancasilais merupakan perilaku manusia Indonesia yang disinari cahaya Ilahi. Perilaku, etika, dan sikap yang sejuk serta penuh etika dan menghasilkan sebuah sikap yang membawa kebaikan. Pancasila sudah memuat penghormatan kepada hak-hak sesama manusia sejak 71 tahun silam. (AM)

Comments
Loading...