Kapal Nelayan Asal Aceh Tenggelam di Perairan Sumut Berhasil Dievakuasi, 9 Awak Kapal Selamat

MENARAnews, Medan (Sumut) – Kapal nelayan KM Rezeki Baru GT.5 asal Idi Rauyek, Aceh Timur tenggelam di perairan Sumut beehasil dievakuasi, Kamis (31/8/2016). Kapal tenggelam disebabkan pecah pada haluan depan.

Informasi yang dihimpun, Jumat (26/8/2016) pukul 04.00 WIB KM Rezeki Baru yang dinahkodai  Saiful dengan membawa 8 orang ABK berangkat dari dermaga nelayan Idi Rauyek Aceh Timur menuju ke laut tengah guna mencari ikan.

Setelah empat hari berada di laut,  KM Rezeki Baru  yang masih di seputaran perairan Aceh Timur mengalami pecah pada haluan depan, Rabu (30/8/2016) tepatnya pukul 10.00 WIB dan mengakibatkan air masuk ke dalam kapal.

Akibat debit air yang semakin banyak masuk ke kapal, KM Rezeki Baru tidak dapat diselamatkan sehingga kapten kapal beserta para ABK memutuskan untuk pergi dan kapal dalam kondisi tenggelam.

Kapal Nelayan MV Khurusima yang kebetulan melintas di Selat Malaka sekitar pukul 16.00 WIB malaka mendapati ABK dlm keadaan terapung sambil meminta pertolongan. Mengambil tindakan cepat,  kapten kapal MV. Khurusima memutuskan untuk menolong serta berkomunikasi dengan instansi terkait.

Mendapati informasi itu, Kal Telaga Tujoh pada pukul 19.45 WIB bergegas berangkat dari Dermaga Satkamla Lantamal I Belawan guna menjemput kesembilan ABK KM. Rezeki Baru yang sudah diselamatkan MV. Khurusima.

Tim Kal Telaga Tujoh tiba di dermaga Satkamla Lantamal I Kamis (31/8/2016) pukul 11.45 WIB dengan membawa  kesembilan Abk KM. Rezeki Baru.

“Secara keseluruhan kondisi korban Km. Rezeki Baru dlm keadaan baik, namun tetap di bawa ke RSAL DR. Komang Makes Belawan guna pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Mayor Sahala saat dikonfirmasi.

Mayor Sahala sebut para ABK sedang menjalani beberapa pemeriksaan medis untuk kemudian diijinkan kembali. Saat ini ABK distirahatkan di Longroom mes perwira Ciptadi. Namun kapten Kapal, Syaiful  harus dirawat intensif karna sempat meminum air laut.

Adapun data korban kapal tenggelam KM Rezeki Baru diantaranya, Syaiful alias Tekong (45) sebagai kapten kapal, M. Abas (56), Adi (50), Zakaria (40), Ridwan (26), Darlis (22), Kamal (18), Iki Ahmad Dhani (21), Nurdin (22). (Ded)

Comments
Loading...