Ini Alasan Sektor Pariwisata Palangka Raya Jalan Ditempat

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kota cantik Palangka Raya yang merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah memiliki banyak keindahan pariwisatanya, namun nampaknya masih tertinggal jauh dalam  mengeksplor potensi tersebut dibandingkan dengan daerah lain.

Padahal setiap tahun banyak duta yang dihasilkan untuk mengekplor sektor pariwisata, salah satunya Duta Tambun Bungai yang dipilih setiap dua tahun sekali dan sudah dilaksanakan selama sepuluh kali. Hal itu juga masih belum mampu membantu mengeksplor sektor pariwisata untuk bisa dikenal oleh masyarakat luar bahkan hingga kancah internasional.

Wakil walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, mengatakan bahwa kurang meningkatnya sektor pariwisata di Palangka Raya disebabkan kurangnya jaringan instansi terkait dengan daerah lain yang memiliki sektor pariwisata yang sudah dikenal baik nasional maupun internasional.

“Kita harus cepat membuka jaringan dan koordinasi dengan derah-daerah wisata lain, karena kita memerlukan jaringan yang bisa mengantarkan para wisatawan ke Palangka Raya, misalnya kita membuka jaringan wisata di Bali, Yogyakarta, Jawa Barat atau Bandung,” ucap Mofit usai menghadiri Pemilihan Duta Tambun Bungai, Sabtu (03/09/2016) Malam.

Mofit juga berharap, kepada Duta Tambun Bungai yang terpilih bisa benar-benar mengeksplor sektor pariwisata yang ada di Palangka Raya sehingga para wisatawan mau dan tertarik masuk ke Palangka Raya.

“Disini kita akan lihat kerja keras dari Duta Tambun Bungai yang sudah memiliki visi dan misi untuk mengembangkan sektor pariwisata di Palangka Raya, sebab jangan hanya sebagai simbol tanpa adanya buktinya nyata,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Kota Palangka Raya, Afendie, mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan terhambatnya pengembangan sektor pariwisata di Palangka Raya adalah masih kurangnya anggaran yang menunjang dalam mempromosikannya.

“Kita selama ini terkendala anggaran, sebab anggaran kita kecil, adainya anggaran tersebut membludak tentunya kita bisa berbuat banyak untuk mengeksplor pariwisata yang dimiliki Palangka Raya,” ucapnya saat dihubungi via telfon. (Agus Fataroni)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...