Hari Ini Logistik Untuk Pilkades Serentak Kobar Mulai Di Distribusikan

MENARAnews, Pangkalan Bun (Kalteng) – Pelaksanaan Pilkades Serentak Kab. Kotawaringin Barat (Kobar) tinggal menghitung hari. Pilkades serentak yang baru pertama kali digelar di Kab. Kobar ini akan digelar pada 7 September 2016 dan hari ini Pemkab Kobar dengan pengamanan dari Satpol PP Kobar mulai mendistribusikan logistik berupa kotak suara dan bilik suara.

Kotak suara dan bilik suara tersebut di distribusikan terlebih dahulu ke 6 kecamatan se-Kobar guna proses pengecekan lebih lanjut sebelum akhirnya diserahkan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) tingkat desa. Jumlah kotak suara dan bilik suara yang untuk Pilkades Serentak Kab. Kobar 2016 adalah 100 buah dan merupakan milik KPU Kobar.

“Kotak suara dan bilik suara yang dipinjam dari KPU Kobar adalah 100 buah dengan rincian 97 yang akan dipergunakan dan 3 sisanya sebagai cadangan.” kata Kasubbag Pemerintaha Desa dan Kelurahan Setda Kobar Antonius Heri di ruangannya (05/09/2016).

Pasca tahapan masa kampanye para calon pada 29 s.d 31 Agustus 2016, Antonius Heri mengaku bahwa hingga saat ini belum ada laporan dari Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di tingkat desa dan kecamatan mengenai pelanggaran selama masa kampanye tersebut. Meski demikian, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) salah satu desa di Kec. Kotawaringin Lama sempat menegur salah calon kepala desa yang masih memasang spanduk kampanyae ketika masa kampanye usai.

“Ada salah satu calon kepala desa di Kec. Kotawaringin Lama yang ditegur secara lisan oleh BPD setempat karena masih memasang spanduk kampanye meski masa kampanye telah usai. Yang bersangkutan pun langsung menurunkan spanduk tersebut.” ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Kobar sekaligus Ketua PPKD Kab. Kobar, Masradin, pun mengaku bahwa pihaknya saat ini siap menyelenggarakan Pilkades Serentak Kobar 2016. Ia juga berharap Pilkades serentak ini dapat berlangsung dengan aman dan tertib walaupun ini merupakan pengalaman pertama bagi Pemkab Kobar dalam menyelenggarakan Pilkades Serentak.

“Pilkades serentak di Kab. Kobar akan dibagi menjadi 2 periode dan pilkades yang akan berlangsung pada 7 September 2016 besok adalah Pilkades serentak periode pertama dan merupakan pengalaman pertama bagi Kobar dalam melaksanakan Pilakdes serentak. Maka dari itu diharapkan pilkades serentak ini dapat berjalan dengan sukses.” ucapnya.

Secara terpisah, Polres Kobar akan menerjukan 139 personelnya untuk mengamankan Pilkades serentak dengan rincian 78 personel masing-masing polsek dan 69 personel Polres Kobar yang memback up polsek.

“Pengamanan akan dilaksanakan mulai tanggal 6 hingga 8 September 2016.” ujar Kabag Ops Polres Kobar, Kompol Novianto. (Riz)

Editor : Hidayat

Comments
Loading...