Harga Bawang di Kota Ambon Masih Naik

MENARAnews, Ambon (Maluku) – Pantauan menaranews di Pasar Mardika Kota Ambon, ternyata kenaikan harga bawang yang dijual di tingkat pedagang pasar belum menunjukkan penurunan. Bawang merah terpantau dihargai Rp 46.000/kg sementara bawang putih dijual dengan Rp 39.000-40.000/kg.

Ruslan salah satu pedagang Bawang di pasar Mardika saat ditemui menaranews (19/9/16) menyampaikan kenaikan masih sama belum juga berubah dan belum turun karena pasokan yang diambil agen masih dalam stok lama dengan harga tinggi.

“Kita beli bawang ini di agen olehnya itu, kalau agen jual dengan harga yang mahal, maka pasti kita terapkan juga ke-konsumen dengan harga yang mahal,” akuinya. Menurutnya, bawang yang dijual di pasar atau Kota Ambon ini didatangkan langsung dari pulau Jawa, yakni Jawa Timur (Surabaya).

“Mungkin kedatangan stok mengalami keterlambatan sehingga stok yang ada di agen menipis, dari situlah agen menjual ke kita pedagang pengecer dengan harga yang mahal,” ujarnya.

Nada serupa diutarakan, Gino, pedagang lainya di pasar Batu Merah, ia juga mengakui kalau saat dirinya membelikan bawang di agen yang ada di Kota Ambon ternyata stoknya telah menipis sehingga wajib harga bawang dipasar dinaikan dengan satu tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

“Kalau agen sudah jual murah ke-kita, maka tidak mungkin dijuel ke-konsumen dengan harga mahal,namun pasti dengan harga yang murah,” jelasnya. (RM)

Comments
Loading...