Guru Demo DPR Aceh Tuntut Penyelesaian Honorer K2

 

MENARAnews, Banda Aceh (Aceh) – Asosiasi Guru Nanggroe Aceh Darussalam (Asgunad) melakukan aksi damai di depan Kantor DPRA (20/9) untuk menuntut Gubernur Aceh agar menuntaskan masalah tenaga honorer guru kategori dua (K2) yang telah lulus dalam Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) 2013.

Sekjen Asgunad Cut Aklima Hamid dalam orasinya menyampaikan, seharusnya Gubernur Aceh menjelaskan kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bahwa permasalahan K-2 di Aceh berbeda dengan Provinsi lainnya. Sebanyak 823 orang guru di seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Aceh yang sudah lulus Panselnas 2013 namun belum mendapatkan SK.

Sebelumnya, Asgunad juga telah melakukan aksi yang sama di depan Kantor Gubernur untuk menyampaikan tuntutannya. Namun, Cut Aklima Hamid menjelaskan, sampai saat ini Gubernur Aceh tidak melakukan apa-apa.

“Kami hanya dikasih makan, terus diajak foto dan kemudian disuruh pulang,” tuturnya dengan mengenang respon dari pihak Pemerintah Aceh atas tuntutan yang diberikan oleh Asguna.

Cut Aklima Hamid menambahkan, peran guru baik sekolah negeri maupun swasta berperan sangat banyak pada masa konflik Aceh dan tsunami.

“Sungguh sangat pedih perjuangan guru di Aceh,” pungkas Cut Aklima Hamid.

Hampir setengah jam aksi berlangsung, Komisi V DPR Aceh mengajak dialog perwakilan Asguna untuk mendengarkan tuntutan serta memberikan masukan. (AM)

Comments
Loading...