Gubernur Zola Lepas Kontingen PON XIX Jambi

MENARAnews, Jambi – Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli secara resmi melepas kontingen PON Jambi yang akan berlaga di Jawa Barat (Kamis, 8/9/2016). Pelepasan kontingen yang berlangsung di halaman depan Stadion KONI Tri Lomba Juang  ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen PON Jambi dari Gubernur Jambi kepada Wakil Gubernur Jambi H. Fachrori Umar selaku  Ketua Kontingen PON Jambi.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola yang juga selaku  Ketua Pengprov PDBI (Persatuan Drumband Indonesia) Provinsi Jambi, Kejati Jambi Erbindo Saragih, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Danren 042/Gapu Jambi Kolonel Inf Refrizal, mewakili Kapolda Jambi, atlet dan pelatih dan sejumlah Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para undangan lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli mendoakan atlet dapat meraih prestasi terbaik pada ajang PON. “Saya berharap atlet jangan menyerah, berjuang semaksimal mungkin, sehingga dapat meraih prestasi gemilang ditingkat nasional. Kita harus bisa meraih prestasi terbaik, karena kita memiliki potensi untuk itu,” ujar Gubernur.

“Kepada para pelatih, Pembina dan official dibawah pimpinan Komandan Kontingen, bina dan motivasi serta pacu semangat atlet kita untuk memberikan yang terbaik. Saya juga minta agar para Pembina dan official untuk memelihara persediaan makanan atau vitamin yang dibutuhkan atlet, pelihara semua kesehatan atlet kita, sehingga mereka akan selalu siap dengan kondisi yang prima untuk berlaga, bertanding, mencapai prestasi yang terbaik yang sama-sama kita harapkan,” sambung Gubernur.

Ditambahkan Gubernur, pada PON XVII Riau tahun 2012 lalu Provinsi Jambi berada pada peringkat 23, namun pada PON XIX 2016 di Jawa Barat ini diharapkan bisa bertengger pada peringkat ke 15. “Kita sudah sepakat dengan kerja keras dan atlet telah berlatih secara maksimal,” ucap Gubernur.

Untuk itu, lanjut Gubernur, Pemerintah Provinsi Jambi telah sepakat meningkatkan bonus bagi atlet yang meraih medali. Untuk peraih medali emas pada PON sebelumnya hanya Rp.150 juta naik menjadi Rp.250 juta, peraih medali perak sebesar Rp.150 juta sebelumnya Rp.75 juta dan peraih medali perunggu sebesar Rp.100 juta sebelumnya Rp.50 juta. “Bonus kita lebih besar dari Riau, saya harap dengan bonus ini bisa memacu atlet bertanding lebih serius. Sehingga medali dapat diraih,” papar Gubernur.

Diakui Gubernur, mengejar peringkat yang telah disepakati tidaklah mudah dan butuh kerja keras. “Saya optimis, karena hingga hari ini sebagian besar atlet telah mempersiapkan diri berlatih. Bahkan masih ada yang berlatih di Jati Luhur dan di China. Ini harus kita beri apresiasi, guna mengharumkan nama Provinsi Jambi ditingkat nasional,” ujar Zola.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Jambi H.Indra Armendaris menargetkan kontingen PON Jambi dapat mendulang 11 emas dan berada pada peringkat 15.  “Saya minta pada atlet mejaga kesehatan dan jangan menyia-nyiakan kesempatan yang berharga dan langka ini. Berbuatlah yang terbaik untuk mengharumkan nama Jambi,” ujarnya.

Dikatakan H. Armendaris, KONI Provinsi Jambi pada PON XIX 2016 Jawa Barat mengirim 231 atlet  dari 27 cabang olahraga. Mereka akan berangkat mulai tanggal 11 September 2015. Hari ini masih ada atlet yang berlatih di Jati luhur yaitu cabang olahraga Dayung sedangkan Cabang olaharag Wushu masih berlatih di China. “Untuk memberi semangat kepada atlet beberapa cabor telah menyiapkan bonus bagi yang meraih medali. Seperti Gulat akan memberi bonus Rp.50 juta yang meraih emas, Rp.25 juta meraih perak dan Rp.15 juta meraih medali perunggu. Hal yang sama juga dilakukan Pengprov Biliar dengan memberikan bonus sebesar Rp.30 juta, Perbakin Rp.50 juta, Sepak Takraw Rp.100 juta dan IMI Rp.10 juta,” ujarnya. (DU)

Comments
Loading...