Gubernur: Masalah Ini Hendaknya Disikapi Secara Bijaksana

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dugaan menyalahi aturan yang dilakukan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran terkait pelantikan dan pergeseran 13 pejabat eselon II dan 32 pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng pada tanggal 19 Agustus 2016 di Istana Isen Mulang Kota Palangka Raya kemarin kembali ditanggapi.

Sugainto ketika dikonfirmasi awak media menjelaskan, persoalan mengenai pelantikan tersebut hendaknya disikapi secara arif dan bijaksana sehingga ketika terjadi persoalan kecil, tidak terlalu dibesar-besarkan.

“Toh ini pernah terjadi juga kan sebelumnya dan bukan hanya dijaman saya sebagai Gubernur Kalteng saja, tapi Gubernur terdahulu juga pernah terjadi. dan hendaknya disikapi secara arif dan bijaksana” jelas Sugianto Sabrang senin (05/09/2016) di Palangka Raya.

Dijelaskannya, hal tersebut tidak akan menjadi persoalan ketika dilihat dari sisi kepentingan yang begitu besar, yakni untuk kepentingan masyarakat Kalteng. Eksekutif dan Legialatif sebenarnya bisa bekerjasama melayani Masyarakat,  Gubernur ada karena Masyarakat begitu juga dengan DPRD.

Lanjutnya, tentu memiliki kosistensi atau visi dan misi masing-masing. Kelakarnya, masa Gubernur Kalteng harus minta persetujuan terlebih dahulu ke DPRD untuk mengganti sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Kita menghormati orang tua, tapi coba lah dilihat prinsip yang dilanggar Gubernur Kalteng, jika hanya sedikit, ngapain harus diributkan. Bagaimana niat kita bisa membangun Daerah Kalteng lebih maju lagi, termasuk mendukung terwujudnya RPJMD lima tahun kedepan sehingga bisa dituangkan kedalam visi misi Gubernur Kalteng,” jelas Sugianto kembali.

Dia mengakui, adakalanya seorang pemimpin daerah memiliki ketegasan terutama dalam mengambil keputusan untuk menggeser dan menggantikan pejabat yang baru. Belum lagi, nantinya perakat daerah akan mengacu kepada Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016.

“Pasti banyak lagi yang nganggur pejabatnya. Karena Perangkat Daerah disesuaikan dengan tipe masing-masing SKPD dan Badan. Tujuan sidak yang kita lakukan kemarin adalah mengingatkan agar SKPD yang ada untuk lebih meningkatkan kinerjanya.” paparnya.

Dirinya berkeinginan agar struktur Pemerintahan Daerah selama kepemimpinanya dapat lebih baik lagi, Jika SKPD mengindahkan peringatan yang disampaikan oleh Gubernur Kalteng untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kinerjanya. (Arliandie)

Editor: Hidayat

Comments
Loading...