Eddy Ganefo Buka Langsung Musda III Apersi Sumsel

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Asosiasi Pengembang perumahan Seluruh Indonesia (Apersi) berperan aktif dalam menelurkan ide-ide, seperti pada paket kebijakan ekonomi ke-13 tentang pembangunan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dengan maksimal lahan 5 hektare. Hal ini dikatakan langsung oleh Ketua Umum DPP Apersi Eddy Ganefo,usai membuka Musda III Apersi Sumsel, di Hotel Classic Palembang, Rabu (7/9).

“Paket kebijakan ekonomi ke-13 itu, khusus untuk perumahan dan memang belum bisa dilaksanakan karena masih menunggu peraturan pemerintah yang hingga saat ini masih digodok. Kalaupun nanti sudah selesai, masih perlu sosialisasi di tingkat kabupaten/kota. Kemudian setelah itu harus di aplikasikan dan baru bisa dilaksanakan. Apersi berperan aktif menelurkan ide-ide terhadap kebijakan tersebut,” ungkapnya Eddy Ganefo.

Dilanjutkannya, karena pada kebijakan ini khususnya program 1.000.000 rumah, merupakan program strategis nasional yang ada Undang-Undang (UU) nya, yang mengatur apabila kepala daerah tidak melaksanakan UU tersebut maka mereka bisa diberhentikan sementara.

“Jadi ada sanksinya. Oleh karena itu, dari kebijakan ekonomi ini setelah peraturannya selesai, maka mereka (kepala daerah) wajib melaksanakannya,” jelasnya.

Di antara yang meringankan dari kebijakan ekonomi ke-13 ini, papar Eddy, yakni tentang perumahan yang waktunya lebih singkat, biaya lebih murah dan banyak izin-izin yang dihapuskan. Memang yang jadi masalah itu dari pengembang yang mengeluhkan biaya yang tinggi, apalagi mereka menanamkan uangnya kan di tanah. Akibatnya akan uang pengembang bisa mati dan itu yang membuat biaya menjadi tinggi.

“Seharusnya pemerintah daerah lebih greget agar minta izin ini dipercepat, Apresi jelas mendorong asalkan semua teman-teman berani mendobrak. Tapikan kadang-kadang, mereka ini takut ada yang ditandai dan sebagainya,” ujar dia.

Masih kata Eddy, terkait Musda III DPD Apersi Sumsel, hal ini merupakan kegiatan rutin sebagai aplikasi untuk menerapkan aturan AD/ART.

“Terima kasih kepada Ketua DPD Apeksi Sumsel Abas Minen periode 2011-2013 dan 2013-2015, yang telah berkiprah dan berkontribusi membangun perumahan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Apeksi Sumsel Abas Minen menuturkan, pada Musda ini ada dua kandidat yang bakal menjadi ketua, yakni Syamsu Rusman dan K. Harly.

“Proses pemilihannya langsung. Nanti akan ada sidang dan kita lihat hasilnya, semuanya punya kans untuk jadi ketua. Saya tidak bisa mencalonkan lagi, karena sudah dua periode. Tapi saya berharap Musda ini bisa munculkan pengurus baru yang handal dan lebih berkembang dari yang sebelumnya,” tuturnya, seraya mengatakan, total anggota Apersi Sumsel ada 112 dan hanya 40 anggota yang masih aktif.

Kalau tentang program 1.000.000 rumah, Abas menambahkan, untuk Apersi Sumsel mendapatkan 120.000 unit dan berjalan baru 5% atau untuk Sumsel sekitar 3.000 rumah. (AD)

Comments
Loading...