Dinkes Sumsel Klaim Virus Zika Belum Terdeteksi di Sumsel

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Virus Zika yang kini tengah heboh dibicarakan hingga saat ini dipastikan belum terdeteksi di Sumsel. Klaim pernyataan ini diktakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini melalui Kabid Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Sumsel, Mulyono.

Mulyono mengungkapkan, pihaknya sudah mengedarkan surat terkait pencegahan adanya virus Zika kepada Dinas Kesehatan di 17 kabupaten/kota di Sumsel.

“Surat edaran dari Menkes juga sudah kami sebarkan. Kami juga berkoordinasi dan meminta agar Dinkes di 17 kabupaten/kota di Sumsel agar mengantisipasi dan mencegah kemungkinan virus ini masuk di daerahnya. Kami minta juga agar Dinkes tersebut menyosialisasikan ke masyarakat di daerahnya,” terang dia (1/9).

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan untuk lebih intensif melakukan pengecekan bagi siapapun yang masuk dan keluar di bandara atau pelabuhan di Sumsel, terkhusus bagi mereka yang datang ke Singapura.

“Ini bentuk antisipasi kita. Di pelabuhan dan bandara dilakukan deteksi dini kepada mereka yang melalui pintu masuk kedatangan,” ungkapnya.

Mulyono meminta kepada masyarakat Sumsel untuk tidak panik dengan isu terkait keberadaan virus Zika ini. Sebab, di Sumsel memang belum pernah ada ditemukan virus tersebut menyerang masyarakat di Sumsel itu sendiri.

“Meski begitu, kita tetap waspada. Harapan kita masyarakat tidak panik dan tidak gaduh adanya isu ini. Kita juga tetap akan memaksimalkan upaya pencegahan terkait itu,” tutup dia. (AD)

Comments
Loading...