Dinas Pendidikan Batara: Program KIP Harus di Dukung

MENARAnews, Muara Teweh (Kalteng), Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah salah satu program pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diterima masyarakat pintar kurang mampu di seluruh pelosok negeri.

Di Kab. Barito Utara (Batara), Kepala Dinas Pendidikan, Elpi Epanop menerangkan KIP dianggarkan untuk semua tingkat strata sekolah, mulai dari SD, SMP dan SMA dengan alokasi yang berbeda-beda. Untuk tingkat SD, siswa penerima KIP mendapatkan bantuan sejumlah Rp. 450.000, SMP Rp. 750.000, sedangkan SMA Rp. 1.000.000 untuk setiap tahunnya.

“Dana KIP wajib digunakan para penerima kartu untuk pembelian buku dan alat tulis sekolah, pakaian dan perlengkapan sekolah, transportasi siswa ke sekoah, uang saku dan biaya kursus. Tidak diperbolehkan dipergunakan untuk kepentingan pribadi, untuk membeli pulsa-lah, beras, maupun lainnya”. lanjut Elpi.

Saat ini, strata sekolah yang sudah menerima pencairan program KIP adalah siswa SMP, dengan jumlah siswa penerima KIP sebanyak 446 siswa dengan anggara Rp. 267.375.000,-. Untuk SD dan SMA masih dalam proses pendataan di tingkat Kementrian.

Dengan adanya program KIP, Dinas Pendidikan Batara berharap semua elemen terkait di lingkup Pemkab harus mendukung, yang bertujuan agar siswa berprestasi yang tidak mampu dapat terus melanjutkan pendidikannya sesuai dengan program pemerintahan, yakni wajib belajar 12 tahun. (Adr)

Comments
Loading...