BNN Tes Urin Seluruh Anggota DPRD Sumsel

MENARAnews,  Palembang (Sumsel) – Sidang Paripurna DPRD Sumsel dikejutkan dengan adanya pemeriksaan urin oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumsel kepada seluruh anggota DPRD Sumsel yang hadir. Sebelum dilakukan pemeriksaan memang terlebih dahulu diberikan pengumuman oleh protokol yang mengunci rapat semua ruangan sidang agar para anggota dewan tersebut tidak ada yang keluar.

Dari data yang diketahui, hanya terdapat sekitar 60 orang anggota DPRD Sumsel yang menghadiri rapat tersebut dari jumlah sebenarnya sebanyak 75 orang. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan wakil rakyat benar-benar sehat dan bebas dari narkoba.

“Jika positif, kita minta dengan kerelaannya mendaftarkan diri untuk direhabilitiasi ke BNN,” kata ketua DPRD Sumsel, Giri Ramanda di gedung DPRD Sumsel, Rabu (14/9).

Dilanjutkan politisi PDI Perjuangan itu, pemeriksaan sengaja dilakukan mendadak meskipun rencana tes sudah lama sebagai bentuk dukungan terhadap peneyelenggara negara yang sehat dan waras.

“Hasilnya kita serahkan juga kepada fraksi dan menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme yang ada,” terangnya.

Bagi anggota dewan yang berhalangan atau tidak bisa ikut, maka akan dilakukan tes urin susulan yang digelar secara mendadak juga.

“Kalau yang tidak ikut menyusul dan ini akan dilakukan secara kontinu agar terlihat konsistensinya,” ujar Giri yang juga merupakan Ketua PDIP Sumsel ini.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Sumsel dari fraksi Gerindra, Nopran Marjani menuturkan, apabila ada anggota dewan yang terindikasi narkoba akan dilakukan pemanggilan.

”Namun saya yakin tidak ada anggota dewan Sumsel yang terlibat narkoba,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Iswandi Hari mengatakan, pemeriksaan ini atas permintaan dewan dan jika nanti ada yang positif, maka akan diserahkan ke fraksi masing-masing.

“Kalau kita yang sengaja datang tanpa permintaan jelas berbeda. Dan akan kita lakukan sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Pantauan di lapangan, para anggota DPRD laki laki mendapat tempat periksa urin diruang tamu VIP Pimpinan, sementara untuk perempuannya diperiksa di ruangan rapat pimpinan. Tim BNN Sumsel sendiri langsung dipimpin oleh Kepala BNN Sumsel Iswandi Hari. (AD)

Comments
Loading...